Menikmati Keindahan Tung Ping Cau

23.45.00










            Pulau seluas 1,1 kilometer persegi ini  merupakan salah satu pulau  terluar  di Hong Kong. Meski secara adminstratif masuk wilayah Hong Kong, namun pada kenyataannya jaraknya lebih dekat dengan Cina daratan, yang hanya berjarak sekitar 4 kilometer.

            Bagi pecinta hiking, Tung Ping Chau layak dipertimbangkan untuk dimasukkan dalam daftar kunjungan. Trak hikingnya sengaja dibuat disepanjang pantai mengelilingi pulau. Sehingga pengunjung tetap bisa menikmati keindahan laut. Meski traknya kurang menantang karena datar dan sedikit tanjakan. Namun, keindahan pulau inilah yang menjadi daya tarik utamanya. Yaitu banyaknya batuan sedimen yang berlapis-lapis, yang  banyak ditemui di  beberapa tempat di pulai ini. Di tempat ini sangat indah apabila menikmati sunset maupun sunrise. Tetapi untuk bisa menikmatinya, kita harus menginap di pulau ini dengan membawa tenda sendiri atau camping, karena jam 17.15 kapal yang akan membawa kembali ke daratan Hong Kong sudah menunggu di dermaga.

            Bagi yang suka berenang maupun diving atau menyelam tidak perlu kuwatir, karena ada area khusus untuk olah raga ini. Apabila tidak membawa peralatan untuk diving, di tempat ada persewaan perlengkapan diving sekaligus instuktur yang siap mengajari diving.

            Untuk mengunjungi pulau ini dengan naik kereta turun di Hong Kong University Station exit B. Kemudian berjalan selama 15 menit menuju dermaga Mau Li Sau, di mana layanan kapal menuju Tung Ping Chau berada. Waktu normal yang dibutuhkan sekitar 1 jam 40 menit. Kapal hanya beroperasi hari Sabtu, Minggu dan hari-hari libur Jadwal kapal dari Mau Li Sau hari Sabtu pukul 09.00 dan 15.30. Hari Minggu pukul 09.00. Sementara dari Tung Ping Chau pukul 17.15.

            Dahulu pulau ini dihuni nampak dari sisa-sisa rumah yang  masih ada meskipun sudah banyak yang runtuh. Tetapi semenjak tahun 1970-an, pulau ini mulai ditinggalkan berpindah ke daratan Hong Kong. Namun, masih ada beberapa orang tua yang masih tetap menghuni pulau ini. Sementara yang lain hanya mengunjunginya pada weekwnd ataupun hari-hari libur. (Gisa)






You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar. Insya Allah saya akan berkunjung balik. Bila berkenan bisa saling follow aku media sosial saya yang lain.

Like us on Facebook

Flickr Images