Berhentilah Mengeluh

19.50.00

Mengeluh atau  ngresulo jika dalam bahasa jawa adalah suatu bentuk ketidak puasan terhadap keadaan ataupun apa yang telah dicapai. Yang dikeluhkan mulai dari yang sepele hingga yang benar-benar rumit masalahnya.
Gambar Dari internet


Banyak hal yang mungkin bisa jadi keluhan misalnya saja dulu sebelum bekerja ingin kerja, tetapi setelah bekerja mengeluh karena gajinya tidak mencukupi. Hujan turun mengeluh karena harus membawa payung ataupun jas hujan supaya tidak basah. Apalagi akhir bulan seperti saat ini, pasti banyak keluhan dari para pegawai sebab uang sudah menipis dan tanggal 1 nya, kalendernya berwarna merah. Pastinya jadwal gajian  akan mundur.


Mengeluh sebenarnya wajar dan sah-sah saja. Dengan mengutarakan keadaan kepada orang lain merupakan salah satu cara untuk mengurangi beban pikiran. Paling tidak jika ada orang lain mendengar keluhan kita, mereka bisa memberikan saran jalan keluar yang baik buat kita. Tetapi  jangan sering-sering mengeluh kepada orang lain, karena pada dasarnya setiap orang itu sama juga mempunyai masalah. Namun tidak semua masalah harus dikeluhkan dan diceritakan kepada orang lain.

Mengeluh merupakan kebiasaan buruk yang dapat mengurangi kebahagian hidup karena berhubungan dengan kesehatan mental maupun fisik. Mengeluh tentang hidup dan kondisi yang sedang dijalani saat ini bukanlah cara yang bijak. Karena mengeluh tidak akan pernah menyelesaikan masalah bahkan bisa membuat kita kehilangan semangat dalam hidup.

Mulai sekarang berhentilah mengeluh paling tidak kurangilah. Cobalah lihat disekeliling kita, amati orang lain dalam menjalani kehidupan mereka, lalu bandingkan dengan diri kita saat ini. Ada banyak yang memang nasibnya lebih baik dari kita, tapi jangan lupa banyak juga yang nasibnya jauh lebih buruk dibandingkan kita.

Syukurilah apa yang telah kita dapat dan yang menjadi takdir kita. Jika kita masih punya pekerjaan meski gaji hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari, syukurilah karena masih banyak yang tidak punya pekerjaan. Jika hujan turun saat hendak pergi bersykurlah karena masih ada cadangan air untuk kita minum. Coba bayangkan jika hujan tidak turun dalam satu tahun saja, pasti serem kan.

Hidup itu untuk dijalani, jadi jangan habiskan waktu hanya untuk mengeluh, segera ambil langkah untuk berubah. Semakin kita mengeluh semakin banyak waktu yang kita buang. Dan semakin cepat kita ambil tindakan semakin cepat pula keadaan kita berubah. Karena yang bisa merubah keadaan kita ya kita sendiri bukan orang lain.

Selalu yakinlah bahwa rencana Allah itu jauh lebih indah dari rencana kita. Ambil hikmah segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita, pasti banyak manfaat yang kita peroleh tanpa kita sadari.

Tetap semangat meskipun dalam keadaan apapun dan be positif think terhadap apapun supaya hidup tetap bahagia.





You Might Also Like

10 komentar

  1. Dengan berhenti mengeluh dan mensyukuri apa yang didapat hari ini, maka hidup akan bahagia, ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups....mengeluh tidak akan merubah keadaan kalau kita tidak bertindak..

      Hapus
  2. Manusia sudah fitrah punya keluh kesah. Tapi seperti yang dijelaskan diatas, mengeluh hanya akan menghalau produktifitas dan mengaburkan visi kita sebenarnya. So keep spirit. Dan salam kenal mbak :)

    BalasHapus
  3. Salam kenal kembali Mas Wahyu...:)

    BalasHapus
  4. mengeluh adalah pekerjaan orang yang nggak pernah bisa bersyukur atas segala anugerah-Nya, maka wajar jika kemudian kepada si pengeluh disulitkan doa dan permohonannya kepada-Nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuups bener..Allah pun telah berjanji akan menambah nikmat untuk umat yang terus bersyukur dalam segala keadaan.

      Hapus
  5. Tetap semangat, bersyukur dan berusaha untuk mengeluh. Seandainya mengeluh, saya lampiaskan lewat doa. bukan dengan membuat status. Karena jarang mengeluh itu, orang lain mengkira saya selalu bahagia dan tidak pernah pendapat cobaan derita.
    Saran nih, kolom komentarnya kalau bisa dibuat disematkan bukan tab baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar Allah saja yang tahu kondisi kita sebenarnya, sedang bahagia atau susah.
      Terima kasih saran untuk blog says, ditunggu saran berikutnya....:)

      Hapus
  6. Telinga saya sering panas kalo denger orang lain mengeluh... nah karena saya nggak suka denger orang mengeluh, paling engga saya juga ga boleh mengeluh, dong! Saya terus berusaha untuk mengubah keluhan dengan bersyukur :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak Intan, sebenarnya semua orang itu punya masalah, tetapi tergantung cara masing-masing menghadapinya. Setuju mbak..dengan bersyukur akan membuka pintu rejeki kita.

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar. Insya Allah saya akan berkunjung balik. Bila berkenan bisa saling follow aku media sosial saya yang lain.

Like us on Facebook

Flickr Images