Manfaat Teh Bagi Kesehatan

16.08.00

sumber : internet

Kenikmatan minuman teh siapapun pasti pernah merasakannya. Minuman ini sangat familiar bagi orang Indonesia. Bisa disajikan dalam saat panas sebagai penghangat, juga bisa disajikan dingin. Minuman inipun bisa dinikmati dalam segala suasana, baik acara santai maupun acara formal. Apalagi dinikmati bersama dengan pisang goreng ataupun camilan yang lain. Rasanya pasti lebih nikmat.



Ada baiknya juga kita tahu senyawa apa saja yang terkandung dalam teh. Yaitu :

1. Polifenol : merupakan jenis antioksidan bioflavonoid yang mengandung 25 kali lebih efektif dari vitamin E dan 100 kali pada vitamin C. Polifenol pada teh berupa katekin dan flavanol . Senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan dan untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh juga ampuh untuk mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh.

2. Kafein : Kandungan kafein pad teh tentu saja lebih sedikit dibanding kopi.

3. Essensial Oil : proteinnya berperan dalam pembentukan aroma pad teh.


Dalam secangkir teh yang nikmat, ternyata banyak sekali manfaat yang kita dapatkan. Berikut ini adalah manfaat  dari minum teh berdasarkan jenis tehnya :

1. Black Tea.
Teh hitam adalah varian teh yang paling umum dan sering kita nikmati. Rasanya sedikit pahit, teh hitam ini mengandung kadar kafein tertinggi yaitu 40 miligram per cangkir (secangkir kopi memiliki 50-100 miligram kafein). Dengan berbagai antioksidan yang berkonsentrasi tinggi, teh hitam dapat menurunkan kolesterol dan mencegah diabetes.

2. Green Tea
Teh jenis ini cocok untuk yang ingin menurunkan berat badan. Karena dalam secangkir teh hijau berisikan 150 ml mengandung 25 miligram kafein dan bisa membakar 30 kalori. Keuntungan lainnya adalah meningkatkan imunitas, metabolisme, pembakaran lemak dan kesehatan gigi. Serta bisa menurunkan resiko kanker, sakit jantung, diabetes, peradangan bahkan Alzheimer's.

3. Oolong Tea.
Teh jenis ini juga sesuai untuk yang ingin menurunkan berat badan karena mengaktifkan enzim yang dapat melarutkan trigliserida, sejenis lemak yang tersimpan di dalam darah. teh jenis ini juga dapat menyehatkan kulit, rambut, tulang dan jantung.

3. Chamomile Tea.
Bunga ini oleh orang Mesir dan Yunani digunakan untuk mengobati berbagai macam luka. Selain itu juga bisa digunakan untuk mengatasi sakit haid dan meredakan pilek, bunga komomil pun dapat membersihkan iritasi kulit, alergi dan jerawat.

4. Peppermint Tea.
Teh jenis ini bisa menghilangkan bau mulut, juga menenangkan tubuh dan pikiran karena tidak mengandung kafein. Sifat anti-bakteri pappermint melindungi tubuh dari penyakit dan mengatasi demam, kembung, etrmasuk konstipasi.

5. Chai Tea.
Teh ini rasanya pedas dan tajam, terbuat dari banyak herba yang dipakai untuk penyembuhan sistem kekebalan tubuh dan PMS.


Catatan yang penting adalah bahwa teh ini tidak akan membawa manfaat apabila ditambah gula. Maka mulai sekarang sekarang kurangi konsumsi gula supaya kesehatan tetap terjaga.









You Might Also Like

4 komentar

  1. Noted nih buatku tentang catatan pentingnya. Selama ini masih sering bikin teh hangat plus gula buat suami. Harus mengubah kebiadaan nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang manis-manis itu memang selalu menggoda ya mbak Nova...:)

      Hapus
  2. Aku suka minum teh dan baru tahu kalo teh ada banyak macemnya <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Ria...tinggal pilih Jeni's teh sesuai selera dan kebutuhan...:)

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar. Insya Allah saya akan berkunjung balik. Bila berkenan bisa saling follow aku media sosial saya yang lain.

Like us on Facebook

Flickr Images