Tradisi Minum Teh di Cina (Yum Cha)

16.11.00

Makanan pendamping Yum Cha
Gambar : Internet


Di Indonesia minum teh bersama biasanya dilakukan di rumah saat sore hari bersama dengan keluarga. Jarang kita lihat acara minum bersama dengan teman ataupun relasi kerja. Berbeda dengan acara minum kopi bersama, mungkin sangat familiar di masyarakat kita. Namun, bagi yang pernah tinggal di negara Cina dan Jepang. minum teh bersama sudah sangat familiar dan biasa.

Orang Cina menyembut Yum Cha untuk  minum teh. Bisa dilakukan sendiri maupun bersama  saudara maupun teman. Waktu minum teh ini biasanya pagi hari mulai dari jam 6 sampai pukul 11, sebagai pengganti makan pagi. Sementara sore hari mulai pukul 2 siang sampai pukul 5 sore.

Yum Cha  bisa dilakukan di rumah maupun restoran. Tapi seringnya dilakukan di restoran. Baik restoran kelas kaki lima hingga restoran berbintang di negara ini selalu menyediakan menu Yum Cha. Selain tentunya menu utama makan siang dan makan malam. Di restoran-restoran ini selalu menyediakan berbagai jenis teh, sesuai dengan selera pelanggang. Tinggal menyebutkan nama teh. Tak lama kemudian datanglah 1poci  teh dan 1 poci air panas.

Makanan pendamping untuk minum teh biasanya makanan ringan seperti roti, kue-kue, dim sum, berbagai jenis olahan mie. Tetapi untuk beberapa restoran juga menyediakan nasi sebagai menu pendamping yum cha.

Kalau di Indonesia  minum teh hampir selalu menambahkan pemanis entah itu gula, madu maupun susu. Tapi kalau yum cha, teh yang diminum adalah teh tawar tanpa bahan pemanis. Bagi yang baru pertama kali ikut acara ini, pasti protes kalau tehnya pahit sekali dan bla-bla...Tapi bagi yang sudah biasa, rasanya ya biasa saja. Rasa tehnya akan jadi aneh kalau ditambah gula.

Orang Cina dan Jepang sangat senang minum teh, karena banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari minum teh. Untuk manfaat minum teh bisa di baca di Manfaat teh bagi kesehatan

Selain banyaknya khasiat minum teh, tradisi Yum cha sendiri juga mempunyai tujuan yaitu :

1. Mempererat kekeluargaan
Biasanya bagi keluarga besar yang jarang berkumpul, mempergunakan yum cha sebagai ajang tempat berkumpul dan berbagi cerita.

2. Penghormatan dan balas jasa
Sebagai ucapan terima kasih, orang Cina akan mengajak orang yang telah membantunya dengan mentraktir yum cha.










You Might Also Like

6 komentar

  1. kalau di keluarga mas, minum teh ud jadi kegiatan sehari-hari di pagi hari. bersama ayah dan ibu juga adik.
    jepan dan cina memang punya tradisi unik tentang teh, sedangkan kita sudah jadi kebiasaan ya mbak, kalau mbak dan keluarganya kapan minum teh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau says minum teh dan kopi itu kalau kepingin saja.Sementara suami biasanya malam setelah makan. Tapi di masyarakat kita sukanya teh manis ya...:). Tumben hari minggu ngeblog, biasanya libur, he he..

      Hapus
    2. met pagi mbak, kebetulan lagi pengen aja jalan-jalan didunia maya mbak. jadi mampir bentar kesini :D.

      Hapus
    3. Pagi juga...dilanjut jalan-jalannya...:)

      Hapus
  2. Kebiasaanku bikinin teh buat suami di pagi hari. Biasanya sambil ngobrol sebentar sebelum berangkat kerja. Aku nyicip dikit tehnya, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok nyicipnya cuma sedikit mbak...nggak kurang..:)

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar. Insya Allah saya akan berkunjung balik. Bila berkenan bisa saling follow aku media sosial saya yang lain.

Like us on Facebook

Flickr Images