Keuntungan yang di dapat dari menulis

23.30.00

Foto : Pixabay


Menulis merupakan kegiatan yang dimulai dari rasa suka. Sama seperti hobi yang lain seperti olah-raga, hiking, koleksi pernak-pernik. Kecintaan akan bacaanlah biasanya yang mendorong seseorang untuk menulis. Meskipun untuk kasus-kasus tertentu  menulis karena terpaksa seperti mengerjakan tugas sekolah, pekerjaan atau kegiatan lain yang berhungan dengan dunia tulisan.

Mungkin banyak yang heran dan bertanya apa sebenarnya keuntungan yang di dapat dari menulis. Hingga mereka rela bergadang semalaman di depan computer demi untuk menulis.  Mau tahu keuntungan dari menulis itu banyak dan hanya yang orang yang pernah menulis yang bisa merasakannya. Berikut ini keuntungan yang bisa didapatkan dari menulis :

1. Melatih kesabaran
Orang yang suka menulis kebanyakkan mempunyai sifat sabar. Bagaimana tidak sabar, untuk membuat satu tulisan entah itu artikel, cerpen, opini atau tulisan lain dibutuhkan ide. Setelah ide ada, baru menyusun kalimat, paragraf. Sudah jadi tulisan masih perlu diedit, supaya tulisan enak dibaca dan hanya orang sabar yang bisa melakukannya.

2. Menambah ilmu
Ketika kita akan menulis tentang suatu hal dan kekurangan bahan tulisan maka dengan sendirinya kita akan mencari referensi bacaan sesuai dengan tema yang akan kita tulis. Saat kita mencari bahan tulisan tersebut tanpa sadar kita mendapatkan ilmu baru tentang suatu hal.

3. Terapi jiwa
Menulis bisa menjadi terapi jiwa bagaimana bisa. Ya jelas bisa. Saat kita galau ( seperti anak muda galau segala) atau suntuk dengan suatu masalah. Menulislah apa yang menjadi sumber kegalauan kita. Istilahnya curhat lewat tulisan kalau zaman dulu curhatnya lewat buku harian. Daripada curhat ke media sosial yang akhirnya mendapatkan berbagai komen yang kadang kurang mengenakkan lebih baik curhat dengan tulisan. Rasakan perbedaan setelah selesai menulis, pastinya beban yang semula disimpan rapat akan berkurang.

4. Menambah teman
Dengan tulisan pula saya mendapatkan banyak teman-teman baru yang mempunyai minat yang sama dengan dunia literasi. Berkumpul dengan orang yang memiliki kesamaan minat itu sangat mengasyikan. Berdiskusi dan belajar bersama untuk menciptakan tulisan yang baik terkadang sampai membuat lupa segala. Padahal bertemunya hanya lewat dunia maya.

5. Sebagai sarana untuk menyampaikan pesan atau nasehat
Saat kita berbincang dengan seseorang tentang suatu hal  bisa terkadang ada beda pendapat. Untuk menegur atau menasehatinya secara langsung kita sering tidak berani karena takut menyinggung perasaan lawan bicara kita. Nah, lewat tulisan kita bisa memberi pesan dan pendapat kita tentang topik pembicaraan tadi secara umum. Tulisan itu bisa jadi solusi bukan hanya bagi lawan bicara kita tetapi juga bagi orang lain yang mempunyai permasalahan sama.

6. Mendapatkan uang dan hadiah
Ini mungkin yang paling ditunggu oleh siapapun, saat sesuatu yang kita suka dan kerjakan menghasilkan entah itu berupa  materi maupun material. Materi berbentuk uang, sedangkan material bisa beraneka bentuk bisa piagam penghargaan, pulsa, kupon belanja, buku dan bentuk barang yang lain. Dari cerpen dan artikel saya pernah menikmatinya dan terus terang kangen ingin mendapatkannya. Sementara dari blog belum dan ini dalam tahap perbaikan blog supaya bisa tampil layak.

Setelah mengetahui keuntungan menulis, masih ragu untuk tidak ikut menulis supaya bisa merasakan keuntungannya.




You Might Also Like

2 komentar

  1. Aku tidak ragu untuk menulis, mbak Elin. Ada bahagia kurasakan saat menulis ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya salut sama mbak Nova malahan, semangat nulisnya itu lho, semoga bisa nular ke saya

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar. Insya Allah saya akan berkunjung balik. Bila berkenan bisa saling follow aku media sosial saya yang lain.

Like us on Facebook

Flickr Images