Mencari Ide Untuk Menulis Kreatif

12.03.00

Foto : pexels

Ide  atau gagasan dalam menulis merupakan suatu yang sangat penting. Tanpa ide seseorang pastinya akan kebingungan saat akan  mulai menulis. Mencari ide dalam menulis supaya menghasilkan tulisan yang kreatif dan bermakna tentu menjadi tujuan banyak orang.


Sebelum melangkah lebih jauh, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan tulisan kreatif itu. Tulisan kreatif adalah tulisan yang enak dibaca(maksudnya tata bahasa baik), cara penyampaian ide atau gagasannya mengandung nilai tambah atau keunikan tersendiri dan tulisan yang bisa mempengaruhi pembacanya. Jenis tulisan kreatif bisa berbentuk karya tulis, seperti esai, berita, opini, cerpen, novel atau jenis karya tulis yang main.

Tulisan yang disukai banyak pembaca, tentu menjadi harapan dan kebanggaan bagi yang menulisnya. Untuk itu, seorang penulis harus berusaha mencari ide yang menarik untuk tulisannya.

Berikut ini ada beberapa cara untuk mendapatkan ide menulis menurut pengalaman pribadi maupun dari beberapa artikel yang pernah saya baca: 
1. Banyak Membaca
Dengan membaca entah itu artikel, cerpen, novel ataupun bacaan lain, kita visa menemukan ide menarik untuk bahan tulisan kita. Bahkan status orang di media sosialpun bisa jadi bahan tulisan kita.

2. Jalan-jalan
Jalan-jalan disini bisa berarti rekreasi atau juga sekedar jalan-jalan di sekitar rumah. Karena dengan jalan-jalan pikiran kita menjadi lebih fresh. Di samping itu saat kita jalan-jalan banyak hal yang bisa kita jadikan sumber tulisan.

3. Berkomunitas
Berkumpul dengan orang-orang yang mempunyai ketertarikan yang sama dengan kita itu akan lebih menyenangkan, karena apa yang mereka bicarakan kita bisa mengerti. Dan dari berkomunitas itu dengan sendirinya akan muncul ide untuk menulis.

4. Blog Walking
Kalau istilah awamnya sih mengunjungi rumah teman. Berhubung kenalnya di dunia maya, jadi yang dikunjungi juga rumah teman di dunia maya yaitu blog. Dari blog yang kita kunjungi bisa  jadi sumber ide untuk menulis. Sebuah ide yang sama ketika ditulis oleh orang yang berbeda akan menghasilkan tulisan yang beda pula. Karena setiap orang mempunyai pandangan berbeda mengenai suatu hal.

5. Mendengar musik
Mendengarkan musik bisa untuk membuat rileks suasana karena kebuntuan ide. Musik juga bisa mencipkan berbagai sensasi sesuai irama musiknya. Dan ini bisa menjadi inspirasi munculnya ide untuk menulis.


You Might Also Like

4 komentar

  1. Ide untuk menulis bisa didapat dari mana saja ya, mbak ^^

    Terima kasih sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Nova, idenya bisa datang dari mana-mana, tapi untuk mewujudkan tulisan itu ada saja alasannya...:)

      Hapus
  2. betul mbak, banyak banyak membaca. kunci ketemu ide untuk menulis hal yang menarik. :)
    seperti membaca postingan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya semakin banyak membaca, semakin banyak yang kita belum ketahui....:)

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar. Insya Allah saya akan berkunjung balik. Bila berkenan bisa saling follow aku media sosial saya yang lain.

Like us on Facebook

Flickr Images