Cilok Tahu Rasa Ayam

00.01.00



Siapa yang tidak mengenal cilok. Makanan berbahan dasar tepung tapioka dan terigu  ini biasanya disajikan dengan saos tomat atau sambal kacang. Untuk menambah rasa biasanya ditambahkan daging, bisa daging ayam, sapi maupun ikan. Namun, kali ini saya menambahkan tahu ke dalam cilok dan jadilah Cilok Tahu Rasa Ayam.


Keinginan mencoba membuat cilok ini sebenarnya berawal dari membeli cilok yang keras dan rasanya yang kurang memuaskan. Juga rasa penasaran, masa para pedang cilok saja bisa buat kok saya yang perempuan yang tugasnya di dapur tidak bisa membuat. Dan dengan niat Basmallah akhirnya menyempatkan diri membuat cilok.

Berikut ini bahan dan cara membuat Cilok Tahu Rasa Ayam. Untuk takaran saya kira-kira saja.

Bahan :

- Tepung terigu 1 gelas.

- Tepung tapioka 2 gelas (perbandingan tepung terigu dan tapioka adalah 1:2. Jumlahnya disesuaikan sendiri sesuai keinginan berapa banyak ingin membuatnya)

- Daging ayam cacah, sesuaikan dengan jumlah tepung.

- Tahu gembos/tahu yang sudah digoreng.

- Bawang Putih haluskan.

- Bawang Merah haluskan.

- Merica Bubuk.

- Ketumbar.

- Garam secukupnya.

- Gula secukupnya.

- Penyedap rasa secukupnya.

- Daun bawang atau seledri.

- Air putih secukupnya.


Cara Membuat :

1. Cacah daging ayam sampai halus.

2. Campur kedua tepung, tambahkan gula, garam, bawang merah dan putih yang telah dihaluskan, merica dan ketumbar bubuk, penyedap rasa.

3. Campur adonan, tambahkan air secukupnya. Uleni adonan sampai kalis dan tidak lengket ditangan.

4. Tambahkan irisan daun bawang atau seledri ke dalam adonan. Aduk adonan kembali.

5. Potong tahu menyilang atau sesuai keinginan. Kemudian ambil sedikit adonan lalu taruh di atas tahu.

6. Tata tahu yang sudah diberi adonan tepung, kemudian tata diatas piring atau sarangan lalu kukus selama 30 menit. Angkat, sajikan dengan saos sambal atau sambal kacang.

7. Cilok ini juga bisa digoreng setelah dikukus. Jadinya cilok goreng.

Jika hasil cilok keras bisa jadi adonan terlalu kental. Saat menambahkan air perlahan-lahan saja supaya didapat takaran yang pas.

Selamat mencoba. Sekali gagal. Coba lagi sampai berhasil.

You Might Also Like

4 komentar

  1. Ini salah satu jajan favoritku. Belum bosan makan ini hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba bikin sendiri mbak Nova, pasti lebih puas...:)

      Hapus
  2. kreatif banget mba..terus rajin lagi. hehehe
    aku juga pernah buat cilok sendiri tapi bentuk sama rasanya gak karuan.
    bleh juga nih coba resep dari mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba bikin lagi, sambil pelajari kekurangan sebelumnya. Nanti pasti akhirnya didapat hasil yang memuaskan....:)

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar. Insya Allah saya akan berkunjung balik. Bila berkenan bisa saling follow aku media sosial saya yang lain.

Like us on Facebook

Flickr Images