Manfaat Lemon untuk Tubuh

13.40.00

foto : Pinterest

Nama Lemon memang tidak begitu tenar di Indonesia padahal rasanya sama persis seperti jeruk nipis. Lemon juga masih termasuk keluarga jeruk Genus Citrus. Seperti umumnya keluarga jeruk lainnya, lemon juga mengandung banyak vitamin C. Namun, kandungan nutrisi setiap keluarga jeruk berbeda satu dengan lainnya. Karena harga lemon lebih mahal dari jeruk nipis hanya sedikit orang yang menggunakannya. Padahal lemon banyak sekali manfaatnya bagi tubuh.


Buah berwarna kuning dengan rasa asam ini  biasa dikonsumsi dengan diperas kemudian ditambah gula atau madu untuk dijadikan minuman panas saat cuaca dingin. Bisa juga untuk minuman dingin yang menyegarkan saat cuaca panas.

Selain untuk minuman, menurut artikel yang pernah saya baca mengkonsumsi lemon itu ternyata banyak manfaatnya untuk tubuh. Berikut ini beberapa manfaat lemon untuk tubuh kita :

1. Meningkatkan kekebalan tubuh.
Kandungan  vitamin C yang cukup banyak bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan bakteri, virus, jamur dan parasit. termasuk menghindarkan kita dari serangan flu dan pilek.

2. Untuk menurunkan berat badan atau diet.
Bagi yang ingin mengurangi berat badan, mengkonsumsi lemon bisa jadi salah satu pilihan. Karena air lemon memiliki nilai glikemik rendah yang berguna untuk menyetabilkan gula darah yang membuat kita tetap kenyang dan tidak mudah lapar.

3. Menjaga kesehatan pencernaan
Lemon bermanfaat untuk meningkatkan gerakan peristaltik di perut dan juga meningkatkan fungsi hati dalam memproduksi empedu. Sehingga bisa membantu mencerna makanan yang kita makan dan buang air besar dapat lancar.

4. Membantu kesehatan kulit dan wajah.
Kandungan vitamin C yang terdapat pad buah lemon membantu membantu untuk memicu zat kolagen dalam tubuh untuk memelihara kesehatan kulit dan untuk menjaga ulit supaya tidak keriput. Selain itu, lemon juga bermanfaat untuk menghilangkan sel kulit mati di kulit, termasuk kulit wajah. Sehingga kulit dan wajah tetap segar.

5. Membantu mengurangi  Masalah Rambut dan Ketombe
Penyebab rambut rontok biasanya karena ketombe. Menggunakan lemon untuk keramas bisa mengurangi ketombe di rambut. Selain mengurangi ketombe, lemon juga bermanfaat untuk menguatkan akar rambut.

6. Untuk kesehatan jantung
Kandungan vitamin C yang terdapat dalm lemon bisa bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan menurunkan tekanan darah. Sehingga mengkonsumsi lemon baik buat jantung serta dapat mencegah stroke.

7.  Untuk Menghambat Kanker
Beberapa ahli telah meneliti   bahwa buah lemon memiliki kandungan alkali yang sangat banyak. Alkali ini berfungsi untuk mengobati penyakit kanker.

Untuk memperoleh hasil yang maksimal dari buah lemon sebaiknya mengkonsumsi air perasan lemon dengan air hangat. Bisa juga dengan menambahkan sedikit madu. Selain itu hindari minum air lemon dalam kemasan karena kandungan vitaminnya jelas sudah berbeda dengan lemon yang masih segar.

Dengan banyaknya manfaat dari buah lemon tidak ada salahnya mulai sekarang kita mulai mengkonsumsi buah ini sebagai salah satu minuman yang sehat untuk keluarga










You Might Also Like

8 komentar

  1. Lemon dan jeruk beda ya, mbak Elin? Sepertinya lebih bermanfaat lemon. Terima kasih sharingnya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda mbak Nova, Lemon berwarna kuning sementara jeruk nipis berwarna hijau, meski rasanya sama...:)

      Hapus
  2. alhamdulillah saya juga setiap hari minum air lemon. berkat doi BAB saya jadi lancar udah gitu nyegerin lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah..ikut senang dengarnya. Saya biasanya mengkonsumsinya dengan air hangat saja, meski tanpa gula atau madu tetap segar rasanya....:)

      Hapus
  3. manfaat lemon emang banyak banget. aku setiap kerja bawa notol minum yang kumasukkan irisan jeruk lemon. khasiatnya badan yang tadinya cape berasa enakan. salam kenal mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah sudah merasakan nikmatnya. Salam kenal kembali Mbak Rika ..:)

      Hapus
  4. Buah lemon bukan buah lokal, sih.. jadi jarang dikonsumsi masyarakat Indonesia. Kalau di negara-negara yang merupakan daerah asaln tumbuhnya lemon, sudah dijadikan air perasan lemon atau lemonade :) Emang masam-masam menyegarkan, ya.
    Ternyata Lemon bisa dipakai keramas juga untuk menghilangkan ketombe dan menguatkan akar rambut, tapi kok saya jadi sayang lemonnya ya hihihi abis harganya bikin sayang. Mending diminum aja supaya sehat dan awet muda :D

    BalasHapus
  5. Di Indonesia Lemon memang mahal Mbak Intan, pernah beli 2 biji saja kalau nggak salah 6000. Itu saja yang jualan di pasar cuma dua orang. Buat keramas beli samphoo saja Mbak yang praktis...:)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar. Insya Allah saya akan berkunjung balik. Bila berkenan bisa saling follow aku media sosial saya yang lain.

Like us on Facebook

Flickr Images