Aja Gumunan, aja Getunan, Aja Kagetan, aja Aleman

01.26.00


Kali ini saya akan membahas tentang sebuah filosofi jawa yaitu , aja gumunan, aja getunan, aja kagetan lan aja aleman. Filosofi ini sangat sederhana, namun sangat dalam makna dan fleksibel untuk diterapkan di berbagai masa.

Di era digital seperti saat ini hendaknya kita mempunyai dan menerapkan filosofi dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini berguna supaya kita tidak mudah terbawa arus negatif peekembangan jaman, namun juga tidak ketinggalan jaman. 

Untuk itulah mari kita bahas satu persatu arti filosofi di atas :
Aja Gumunan berarti jangan mudah terheran-heran. Sebagai manusia yang hidup dalam lingkungan masyarakat, hendaknya kita mampu menempatkan diri sewajarnya saja. Saat orang biasa bisa mencapai kesuksesan, kita tidak perlu terheran-heran. Misalkan saja dengan kemajuan teknologi yang sangat modern seperti sekarang ini. Kita tidak perlu terheran-heran menghadapinya, namun belajarlah untuk menguasainya. Supaya kita tidak ketinggalan jaman.

Aja getunan berarti menjadi manusia itu jangan mudah mengeluh dan menyesali keadaan. Filosofi ini mengajari kita bahwa setiap keputusan yang kita ambil akan menghasilkan kebaikan atau keburukkan. Misalnya kita membantu seseorang, namun setelah orang yang kita bantu sukses malah melupakan jasa yang telah kita berikan. Kita tidak perlu menyesali apa yang sudah kita perbuat, yakinlah bahwa meski mereka melupakan perbuatan baik kita, suatu saat kita akan mendapatkan balasan perbuatan baik dari orang lain.

Aja kagetan berarti kita sebagai manusia itu jangan mudah kaget dengan segala sesuatu. Hadapi setiap masalah dengan tenang. Filosofi ini mengajari kita untuk hidup dengan penuh kehati-hatian dan waspada.

Aja aleman berarti bahwa kita hidup itu jangan manja. Hidup ini adalah bentuk perjuangan kita. Mau cantik atau tampan seperti bintang film, tetapi kalau dia tidak punya apa-apa, dia juga tidak akan dianggap di masyarakat. Kita tidak perlu merengek dan bermanja meski masih mudah. Namun, segeralah bekerja keras untuk masa tua nanti. Karena hidup kita ini adalah tanggung jawab kita masing-masing.



#onedayonepost
#odopbatch5

You Might Also Like

2 komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar. Insya Allah saya akan berkunjung balik. Bila berkenan bisa saling follow aku media sosial saya yang lain.

Like us on Facebook

Flickr Images