6 Hal yang tidak perlu diunggah di Sosial Media

00.12.00

Foto : Pixabay

Kehidupan sosial media saat ini memang seolah tidak bisa lepas dari kita. Lihat saja pengguna sosial media saat ini, mulai anak-anak sampai orang tua memiliki akun media sosial. Berbagai macam postingan mereka unggah ke media sosial, dari yang sekedar curhat, candaan, hinaan dan banyak yang lain.

Meski kita bebas mengunggah apapun ke media sosial, namun sebenarnya ada beberapa hal yang sebaiknya tidak kita sebarluaskan di media sosial. Karena bisa saja apa yang kita unggah dengan niat suka-suka malah sebaliknya akan menjadi bahaya.

Berikut ini hal-hal yang sebaiknya tidak perlu kita unggah di media sosial :
1. Nomer telepon pribadi
Meski untuk alasan bisnis atau apapun hindari mencantumkan nomer telepon di akun media sosial kita, kecuali mempunyai beberapa nomer telepon untuk kepentingan yang berbeda. Karena bisa saja orang berniat jahat dengan mengaku sebagai teman anda.

2. Foto selfi atau siarang langsung saat liburan.
Saat liburan memang saatnya untuk bersenang-senang dengan orang tersayang. Dengan mengunggah foto selfi saat liburan apalagi melakukan siaran langsung akan memberitahukan keberadaan kita pada seluruh dunia. Apalagi saat berlibur bersama keluarga, hal ini sama saja memberitahu pada orang jahat bahwa pada saat itu rumah dalam keadaan kosong. Kalaupun ingin membagikan foto saat libur bersabarlah hingga tiba kembali di rumah.

3. Pamer foto uang atau kekayaan lain
Seberapa banyakpun kekayaan yang dimiliki tidak sepantasnya ditunjukkan di dunia maya. Bisa saja ini mengundang orang jahat untuk memilikinya. Ingatlah kejahatan bukan hanya karena niat pelaku tetapi karena kesempatan.

4. Keluh kesah tentang pekerjaan Dan atasan.
Meski tidak berteman dengan atasan sebaiknya jangan mengeluhkan pekerjaan di sosial media karena bisa saja salah satu teman anda teman si bos. Hal ini tentu akan mengancam posisi kerja anda sendiri.

5. Foto anak dengan segala aktivitasnya
Mempunyai anak yang berprestasi memang membanggakan. Sehingga wajar bila orang tua ingin memamerkan prestasi anaknya ke khalayak luas. Namun perlu diingat, menggunggah aktivitas anak lengkap dengan nama dan sekolahnya akan sangat berbahaya bagi si anak. Bisa saja ada orang berniat tidak baik terhadap anak kita.

6. Kebencian atau perdebatan dengan orang lain.
Sebenci atau sekesal apapun kita dengan orang lain tidak sepatutnya disebarluaskan di sosial media. Apalagi pertengkaran dengan pasangan. Hal ini sama saja membongkar aib kita sendiri. Kalaupun ada masalah temui langsung orangnya dan selesaikan masalahnya dengan baik-baik.

Mari lebih bijak menggunakan media sosial untuk hal  yang positif.


#onedayonepost
#odopbatch5

You Might Also Like

4 komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar. Insya Allah saya akan berkunjung balik. Bila berkenan bisa saling follow aku media sosial saya yang lain.

Like us on Facebook

Flickr Images