Selasa, 06 Februari 2018

Penyebab Tahun Baru Cina selalu Hujan


Sebentar lagi tahun baru Cina atau Imlek akan datang. Setiap menjelang tahun baru Cina bisa dipastikan hujan selalu turun setiap hari di daerah tropis. Sementara untuk daerah yang  mengalami empat musim, suhu udara akan menurun hingga dibawah rata-rata.


Tahun baru China atau imlek biasanya jatuh di akhir bulan Januari sampai pertengahan bulan February. Karena penanggalan China berbeda dengan penanggalan Hijriah dan Masehi. Kalau kalender Hijriah dihitung berdasarkan perputaran bulan, sementara kalender Masehi dihitung berdasar perputaran matahari. Sedang kalender China dihitung berdasarkan perputaran bulan pada bumi. Menurut wikipidea pergantian hari pada kalender China terjadi pukul 23.00 bukan 00.00. Satu tahun ada 12 bulan, setiap 2-3 tahun ada bulan ganda(selama 19 tahun ada 7 kali bulan ganda). Hal inilah yang menyebkan tahun baru China selalu jatuh di akhir bulan Januari sampai pertengahan bulan February.

Lalu kenapa setiap menjelang tahun baru China selalu turun hujan terus-menerus (grejik=bahasa jawa)? Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, pada bulan January -February merupakan masa puncaknya musim penghujan. Jadi selama dua bulan tersebut curah hujan sangat tinggi.

Selain itu menurut tradisi China, perayaan tahun baru merupakan perayaan datangnya musim semi. Masyarakat bersuka cita karena di musim semi mereka bisa bercocok tanam lagi, setelah selama beberapa bulan mengalami musim dingin. Turunnya hujan pada tahun baru China atau imlek merupakan keberkahan bagi masyarakat China.



#D15
#onedayonepost
#ODOPbatch5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar. Insya Allah saya akan berkunjung balik. Bila berkenan bisa saling follow aku media sosial saya yang lain.