Selasa, 13 Februari 2018

Saat Menikah Muda Menjadi Pilihan



Umur tidak menentukan tingkat kedewasaan seseorang. Bisa jadi umurnya lebih muda, namun mempunyai pemikiran yang dewasa, disebabkan Karena pengalaman hidupnya. Begitu juga sebaliknya, orang yang telah berumur kadang mempunyai sifat kekanak-kanakan, karena sejak kecil dia dimanjakan orang tuanya. Hal ini juga berlaku dalam pernikahan. Karena menikah itu membutuhkan kesiapan baik mental maupun spiritual. Jadi bisa saja umur sudah dewasa namun belum menikah. Ada yang masih muda namun sudah memutuskan menikah. Kalau kamu termasuk yang mana?

Lalu sebenarnya berapa usia ideal seseorang itu untuk menikah? Menikah adalah menyatukan dua keluarga untuk membentuk keluarga baru. Secara biologis reproduksi wanita itu paling subur adalah usia 20-30 tahun. Sementara untuk laki-laki usia 25-40 tahun. Namun, menikah bukan hanya masalah umur saja.

Begitupun dulu saat saya memutuskan menikah di usia 23 tahun. Banyak yang menyayangkan keputusan saya tersebut. Menurut mereka, kenapa menikah terlalu muda? Belum puas menikmati masa muda kok menikah. Pekerjaan juga belum mapan. Dan, tentunya banyak pula yang patah hati tapi tidak sampai bunuh diri( soal ini skip aja he he)


Memang kondisi saya saat itu pun masih belum mapan, baik secara psikis maupun materi. Namun, pikiran saya jauh ke depan. Saya berfikir jika  menikah di umur ini, belum tentu Allah segera memberi kepercayaan kami momongan. Bisa saja kami tidak langsung diberi momongan. Misalkan saja saya mempunyai anak umur 25, berarti 15 tahun kedepan saat anak saya lulus SMP, usia saya Sudah 40 tahun. Membayangkan usia 40  waktu itu sudah tua, di mana kemampuan fisik tentu saja sudah menurun, padahal dari segi kebutuhan biaya, masa-masa ini paling banyak dibutuhkan biaya untuk anak sekolah.

Alhamdulillah sudah lebih 10 tahun menikah kami tetap di jalan yang sama. Bukan berarti selama pernikahan kami tidak ada masalah, banyak sekali masalah yang kami hadapi. Tetapi, Alhamdulillah saya mempunyai dua keluarga eh tiga keluarga yaitu keluarga kecil saya sendiri, keluarga dari pihak suami dan keluarga dari pihak saya sendiri, yang sangat membantu baik moril maupun spirituil. Sehingga keluarga kecil kami tetap utuh.

Menikah muda memang butuh pertimbangan matang. Niatkan semua karena Allah, sehingga Allah pun kelak akan membuka jalan dari kesulitan yang kita hadapi.





#D22
#onedayonepost
#odopbatch5

2 komentar:

  1. Betul mb elin, saya pun nikah usia 23 😊

    Pokoknya semua dari Allah, semua untuk Allah, semua kembali pada Allah. Intinya Allah always and Forever lah 😊

    Salam kenal,
    shintadwijiarti.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar Mbak, saat semua kembali pada Allah, akan selalu ada jalan ...:)

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar. Insya Allah saya akan berkunjung balik. Bila berkenan bisa saling follow aku media sosial saya yang lain.