Selasa, 13 Februari 2018

Tips Aman Berbelanja Online


Sekarang ini kita seolah dimanjakan oleh teknologi. Bagaimana tidak, mau beli sesuatu kita tidak perlu keluar rumah untuk membelinya. Tinggal buka internet kemudian pilih barang yang diinginkan, transfer uang dan kita pun tinggal menunggu barang sampai di hadapan kita. Bahkan ada beberapa reseller yang menyediakan jasa bayar di tempat saat barang diterima. Bagaimana enak bukan? Tapi syaratnya kalian juga harus punya uang ...

Seperti kita ketahui sewaktu berbelanja online kita tidak tahu wujud asli barang yang akan kita beli( kecuali kita pernah membeli barang yang sama), kita hanya tahu barang tersebut dari gambar dan keterangan yang menyertainya. Jadi, jangan kaget kalau waktu menerima barang nanti kondisi barang tidak sesuai dengan yang kita harapkan. 

Selain itu resiko membeli barang online adalah adanya reseller atau penjual online yang nakal. Kita Sudah order dan transfer uang tapi barang tidak terkirim. Ini sering terjadi. Jangankan online yang tidak bertatap muka, pedagang offline pun banyak yang tidak jujur kok. 

Supaya transaksi online kita aman ada beberapa tips yang bisa kita lakukan yaitu:
1. Pilih website yang berkredibilitas
Website yang berkredibilitas akan benar-benar menjamin keaslian barang yang kita beli. Selain itu juga website ini bertanggung jawab penuh sampai barang sampai di tangan kita. Berhati-hatilah terhadap website yang banyak tersebar di internet.

2. Membandingkan produk
Sebelum memutuskan membeli suatu barang di sebuah website. Coba bandingkan dulu produk tersebut di website lain yang juga menjual barang tersebut. Baru saja lewat di beranda fb, seorang teman membeli buku 300 rb. Sementara di tempat lain hanya 150 ribu dan kedua-duanya asli.

3. Hindari mengirim data melalui email
Jika sewaktu berbelanja mulai ditanya no pin ATM dan kartu kredit, sebaiknya segera membatalkan pembelian dan log out dari website tersebut. Karena ini sudah tanda-tanda ke arah penipuan.

4. Hindari berbelanja online menggunakan computer umum, seperti di warnet.
Berbelanja online menggunakan computer umum sangat rawan karena bisa jadi data pribadi kita masih tertinggal di computer tersebut. Dan, ini bisa menjadi salah satu jalan kejahatan.

5. Cek kembali pesanan
Sebelum melakukan pembayaran, cek kembali barang yang dipesan, seperti ukuran, jenis bahan dan lain-lainnya. Hal  ini untuk menghindari barang yang sampai di tangan kita sesuai dengan pesanan kita.

Mari belajar pandai sebagai pembeli online agar barang yang kita beli sesuai dengan apa yang kita inginkan.


#D23
#onedayonepost
#odopbatch5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar. Insya Allah saya akan berkunjung balik. Bila berkenan bisa saling follow aku media sosial saya yang lain.