Tips Mencegah Influenza di Musim Penghujan

14.18.00

foto : medicalnewtoday.com

Memasuki bulan February, curah hujan di Indonesia mengalami masa puncaknya. Hal ini bisa terlihat dari naiknya air tanah ke permukaan. Hujan yang turun hampir tiap hari ini tentu saja membuat berbagai tempat basah dan lembab. Selain itu hawa menjadi lebih dingin dari biasanya. Kondisi lingkungan yang lembab dan basah tersebut membuat berbagai virus dan bakteri mudah berkembang biak. Jika kondisi tubuh lemah bisa mudah terserang penyakit.


Salah satu penyakit yang biasa menyerang di musim penghujan adalah influenza yang biasanya disertai batuk. Gejala  yang umum jika seseorang influenza adalah badan demam, nyeri tenggorokan, sakit kepala, batuk, badan menggigil, badan tidak nyaman.  Selain itu penyakit ini mudah sekali menyebar. Maka, jika kita sudah menderita influenza harus segera diobati dan jika belum sebaiknya dicegah supaya tidak terjangkiti penyakit ini.

Meski sangat mudah menyebar dan menular, infuenza sebenarnya bisa dicegah dengan tetap menjaga kondisi tubuh kita tetap fit atau sehat. Adapun cara-cara untuk mencegah influenza adalah sebagai berikut :

1. Istirahat yang cukup
Kebutuhan istirahat setiap orang berbeda, tapi pada umumnya berkisar antara 6-8 jam sehari semalam. Istirahat yang cukup akan membuat stamina tubuh tetap terjaga, sehingga virus tidak mudah menyerang kita.

2.  Minum air putih minimal 8 gelas sehari
Mencukupi kebutuhan cairan tubuh adalah cara yang tepat untuk menjaga ketahanan tubuh. Dengan mengkonsumsi 8 gelas air setiap hari akan mendorong material jahat dan bakteri melalui urine. Jikalau malas minum karena cuaca yang sudah dingin, bisa diganti dengan minum air hangat.

3. Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C
Sebagaimana kita tahu vitamin C mengamandi menggandung antioksidan untuk menangkal berbagai radikal bebas. Memperbanyak meengkonsumsi vitamin C di musim penghujan akan menjaga tubuh tetap sehat. Makanan yang mengandung banyak vitamin C adalah jeruk, kiwi, sayur-sayuran, tomat, lemon dll.

4. Kurangi sedikit mungkin paparan langsung dengan hujan
Jikalau kita terpaksa beraktifitas ditengah hujan, sebaiknya gunakan payung dan hujan sebagai pelindung tubuh. Jika tubuh basah karena hujan segera mandi dengan air hangat. Karena tubuh yang basah bisa menyebabkan kedinginan dan masuk angin, sehingga tubuh mudah terserang penyakit.



#onedayonepost
#odopbatch5

You Might Also Like

2 komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar. Insya Allah saya akan berkunjung balik. Bila berkenan bisa saling follow aku media sosial saya yang lain.

Like us on Facebook

Flickr Images