Minggu, 11 Februari 2018

Tradisi Saat Lebaran China


Setelah musim dingin berlalu, maka datanglah musim semi. Pergantian musim dingin ke musim semi di Cina ditandai dengan tahun baru Cina atau imlek. 

Tahun baru China atau imlek dirayakan sebagai hari lebaran. Seperti  hari raya atau lebaran umat Islam, imlek pun juga merupakan hari yang ditunggu oleh masyarakat tionghoa. Ada beberapa tradisi yang biasa dilakukan sebelum lebaran China yaitu :
1. Bersih-bersih rumah
Masyarakat Tionghoa biasanya membersihkan rumah sampai sudut-sudutnya beberapa hari menjelang imlek. Mereka berkeyakinan membersihkan rumah sebelum hari raya akan membuang sial. Sementara pada waktu hari raya tidak boleh membersihkan rumah karena dianggap akan membuang keberuntungan tahun itu.

2. Mendekorasi rumah
Selain membersihkan rumah, masyarakat tionghoa juga mempunyai kebiasan mendekorasi rumah menjelang tahun baru dengan ornamen berwarna merah. 

3. Pagelaran Liong
 dan Borongsai
Setiap lebaran China selalu pertunjukan Liong dan Barongsai.

4. Bagi- bagi Angpao
Angpao merupakan amplop merah berisi uang saku yang biasa dibagikan saat lebaran China. Kalau lebaran idul fitri siapapun boleh memberikan uang saku pada orang lain. Namun, pada lebaran China, orang yang belum menikah tidak boleh memberikan angpao pada orang lain.




#onedayone post
#odopbatch5

2 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar. Insya Allah saya akan berkunjung balik. Bila berkenan bisa saling follow aku media sosial saya yang lain.