Manfaat Brokoli untuk Tubuh

18.08.00


Sayuran brokoli harganya memang agak mahal dibanding sayuran lainnya. Tapi, jika melihat kandungan gizi yang terdapat dalam brokoli, kiranya tidak rugi jika mengkonsumsi sayur ini.

Cara memasak brokoli pun terbilang mudah. Hanya dengan merebus brokoli selama 1 menit dengan gula d

an garam, brokoli sudah bisa langsung dinikmati. Tetapi untuk lebih menambah rasa, biasanya dimasak dengan daging, jamur, kemudian diberi saos tiram.

Brokoli (Brasica oleracea) adalah nama sebuah sayuran yang dimanfaatkan bunganya. Dengan bentuk bunga menggerombol dan berwarna hijau ini termasuk keluarga dari kubis-kubisan. Seperti halnya jenis kubis-kubisan yang lain, sayuran ini tumbuh cukup baik di daerah dingin.

Sayuran Brokoli mengandung Folat, Vitamin C, Vitamin K, zat besi dan potasium(kalium) tinggi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain itu Brokoli juga mengandung berbagai senyawa tumbuhan  yang bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa senyawa yang terdapat dalam brokoli antara lain Sulforaphane, Indole-3-Carbinol, Caratenoids, Kaempferol dan Quercetin.

Adapun manfaat dari Brokoli antara lain adalah  :
1. Mencegah penyakit kanker
    Kandungan senyawa Sulforaphane dan Indole-3-Carbinol  merupakan senyawa tumbuhan yang bisa mencegah penyakit kanker, yang dapat bertindak sebagai antioksidan untuk menahan  radikal bebas.

2. Membantu program penurunan berat badan
    Brokoli merupakan jenis tanaman yang banyak mengandung serat tinggi. Makanan yang mengandung serat tinggi dapat membuat rasa kenyang lebih lama. Sehingga sangat sesuai dikonsumsi bagi yang ingin menurunkan berat badan.

3. Menjaga kesehatan Mata
    Kandungan Lutein dan Vitamin A yang terdapat dalam brokoli berguna untuk menjaga kesehatan mata. Sehingga daya penglihatan kita dapat lebih tajam. Selain itu bisa menurunkan resiko terkena katarak dan makula.

4.  Menjaga Kesehatan Kulit
    Kandungan Vitamin A, Beta karoten, Vitamin C, Vitamin K, asam lemak Omega 3 dan omelat yang terkadung dalam Brokoli berguna untuk menjaga kesehatan kulit.

5. Mengontrol tekanan darah
    Kandungan kalium dan magnesium yang tinggi dalam brokoli berguna untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Cara Memasak Brokoli 
Brokoli merupakan jenis sayuran yang sangat disukai ulat, untuk itu perlu diperhatikan betul cara pengolahannya. Sebelum dimasak Brokoli dipotong perkuntum. Batang Brokoli bisa juga dimakan dengan terlebih dahulu kulit luarnya. Setelah itu rendam potongan brokoli dalam air garam selama minimal 30 menit. Sehingga apabila terdapat ulat akan keluar dengan sendirinya. Setelah itu rebus Brokoli dalam air mendidih selama 1 menit saja. Angkat kemudian siram air dingin supaya warna Brokoli tidak berubah. Bisa dimakan dengan kecap asin langsung atau dimasak dengan daging atau seafood.

Sumber tulisan : Diolah dari berbagai sumber




#onedayonepost
#odopbatch5

You Might Also Like

2 komentar

  1. Saya suka ditumis campur pakai wortel dan bakso trus pake saus tiram. Nyam nyam 😉

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar. Insya Allah saya akan berkunjung balik. Bila berkenan bisa saling follow aku media sosial saya yang lain.

Like us on Facebook

Flickr Images