Masjid Ammar Wan Chai Tempat Muslim dari Berbagai Bangsa Berkumpul

21.21.00



Menemukan masjid di negara yang mayoritas penduduknya non  muslim seperti di negara Hong Kong memang tidak mudah. Namun, bukan berarti sulit. Apalagi negara Hong Kong sangat menghargai dan  menghormati kebebasan dalam menjalankan agama. Salah satu masjid besar di negara ini ini adalah Masjid Ammar  and Osman Ramju Sadick Islamic Center.


Masjid Ammar Ammar and Ramju Sadick Islamic Center ini terletak  di 40, Oi Wan Road, Wan Chai, Hong Kong. Masjid ini lebih terkenal dengan sebutan Wan Chai Mosque  atau Masjid Wan Chai. Masjid ini mulai dibangun pada tahun 1979 dan mulai beroperasi tahun 1981.


Masjid dengan kapasitas 700 jamaah ini didesain oleh seorang arsitek chinese muslim yaitu  Ramju Sadick. Masjid ini memiliki 8 lantai yang mempunyai fungsi sendiri-sendiri.  Hall yang berada  di lantai satu berfungsi untuk tempat berwudhu jamaah laki-laki dan perempuan,tetapi saat jamaah membludak, seperti saat idul fitri, hall ini juga difungsikan menjadi tempat sholat. Tempat sholat untuk jamaah laki-laki berada di lantai dua, sementara  untuk jamaah perempuan berada di lantai 3. Untuk  lantai 4-8 merupakan tempat kantin, ruang kesehatan, perpustakaan, ruang rapat, kantor untuk imam dan guru mengaji.

Di masjid ini kita akan bertemu dengan sesama umat muslim dari berbagai negara. Untuk iman dan pengurus masjid pun juga berasal dari berbagai negara. Namun, perbedaan dari berbagai suku bangsa itu tidak menjadikan muslim di negara ini bermusuhan. Tetapi, justru perbedaan itu malah menyatukan kami sebagai sesama muslim yang kebanyakan perantau di negara Hong Kong.

Kantin masjid berada di lantai 5 menyediakan berbagai menu makanan chinese yang diolah secara halal. Kantin ini selama bulan Ramadhan tutup untuk umum, tetapi menyediakan menu buka gratis untuk jamaah yang berbuka puasa di masjid ini.

Selain sebagai tempat ibadah bagi umat muslim, masjid ini juga dijadikan tempat untuk menambah ilmu keagamaan tentang islam. Karena banyaknya warga negara Indonesia yang bekerja di negara ini, selain ilmu keagamaan, juga diajarkan ketrampilan menjahit untuk para tenaga kerja Indonesia yang berada di Hong Kong.


#onedayonepost
#odopbatch5

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar. Insya Allah saya akan berkunjung balik. Bila berkenan bisa saling follow aku media sosial saya yang lain.

Like us on Facebook

Flickr Images