Menulis Antologi Langkah Awal Menulis Buku Solo

00.01.00


"Kalau kamu bukan anak raja dan engkau  bukan anak ulama besar, maka jadilah penulis. (Imam Al-Ghazali)

Kata mutiara dari ulama besar Imam Al-Ghazali di atas menjadi salah satu motivasi dalam menulis.

Seseorang yang menekuni dunia menulis  pastinya berharap bisa menulis sebuah buku solo sebagai bukti  untuk mencatat namanya, supaya bisa dikenang di kemudian hari.
"Semua penulis akan meninggal, hanya karyanyalah yang akan abadi. Maka tulislah tulisan yang akan membahagiakanmu di akhirat nanti. (Ali bin Abi Thalib)
Kenapa seorang penulis harus menulis buku. Karena dalam setiap buku yang terbit akan terdapat nomer ISBN(International  Standard Book Number) yaitu kode pengindetifikasian buku yang bersifat unik. ISBN memuat judul buku, nama pengarang, penerbit dan kelompok penerbit. Satu buku akan memiliki nomer ISBN yang berbeda dengan buku lain.

Jika kita mampu menulis buku sendiri atau buku solo sebaiknya memang menulis sendiri. Namun, jika merasa belum mampu menulis buku sendiri bisa dengan menulis buku antologi dengan beberapa orang.

Buku antologi adalah buku yang penulisnya terdiri dari beberapa  orang. Isi buku biasanya satu tema, bisa berupa cerpen, pengalaman mengenai suatu hal yang pernah terjadi, cerita perjalanan DLL.

Dalam buku antologi biasanya naskah berasal dari seleksi tulisan dari beberapa orang yang mempunyai keinginan untuk ikut antologi tersebut. Terkadang karena banyaknya peserta, maka tulisan yang bagus saja yang bisa masuk atau layak cetak yang digunakan.

Dengan mengikuti antologi akan melatih kita untuk menulis sebaik mungkin supaya bisa lolos seleksi dan nama kita bisa dicantumkan dalam buku tersebut.

Banyak penulis buku best seller yang mengawali langkahnya dengan menulis buku antologi.


#onedayonepost
#odopbatch5

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar. Insya Allah saya akan berkunjung balik. Bila berkenan bisa saling follow aku media sosial saya yang lain.

Like us on Facebook

Flickr Images