Pentingnya Judul dalam sebuah Karya Tulis

23.43.00


Pertama kali yang dilihat pembaca dari sebuah karya tulis entah itu buku, cerpen, novel, artikel atau jenis karya tulis yang lain adalah judul karya tulisnya. Karena pertama kali dilihat oleh pembaca, maka judul memegang peranaan penting dalam sebuah karya tulis.


Judul karya tulis akan menentukan calon pembaca untuk meneruskan membaca karya tulis tersebut atau akan melewatnya, untuk membaca karya yang lain. Karena itulah perlunya judul yang menarik, supaya bisa mendorong pembaca meneruskan membaca sebuah karya sampai selesai.

Pada dasarnya 'Judul' sebuah karya tulis merupakan gambaran dari isi karya tulis tersebut. Untuk membuat judul ada beberapa syarat yang bisa diterapkan yaitu :
1. Singkat dan padat, usahakan tidak lebih dari lima huruf.
2. Menarik perhatian.
3. Mengambarkan isi karya tulis.

Namun, sekarang ini demi menarik pembaca sebanyak mungkin, sering kita temui sebuah karya yang tidak relevan  sama sekali dengan isinya. Misalnya judul sebuah artikel tentang perselingkuhan seorang artis terkenal, ternyata isi artikelnya memang tentang perselingkuhan artis tersebut, tetapi dalam sinetron yang dibintanginya.

Hal tersebut diatas tentu saja banyak membuat pembaca kecewa karena judul dengan isi yang tidak berhubungan sama sekali. Yang ujung-ujungnya pembaca menggerundel karena terlalanjur membaca namun ternyata beritanya lain.

Memang sah-sah saja sih sebuah karya akan diberi judul apa itu tergantung pengarangnya. Namun, ya sebaiknya berilah judul yang sesuai dengan karya yang ditulis. Tetapi, yang paling penting jangan lupa memberi judul sebuah karya tulis. Jangan sampai pembaca bingung dan menebak judul karya tulis kita.



You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar. Insya Allah saya akan berkunjung balik. Bila berkenan bisa saling follow aku media sosial saya yang lain.

Like us on Facebook

Flickr Images