Ubah Ucapan Tidak Bisa Menjadi Belum Bisa untuk Sesuatu yang Belum Pernah kita lakukan

00.54.00


Ucapan itu seperti sebuah doa untuk diri kita sendiri. Saat kita mengucapkan kebaikkan, sesungguhnya kebaikkan itu juga akan kembali pada kita lagi.

Tentunya kita pernah mendapat pertanyaan dari seseorang, bisa tidak melakukan sesuatu pekerjaan yang belum pernah kita lakukan sebelumnya, apa jawaban yang akan kamu berikan?

Misalnya seorang pelajar yang tahunya hanya sekolah dan belajar. Saat mendapat pertanyaan,"Kamu bisa masa sayur asem tidak?"
Jawaban otomatis dari kebanyakan pelajar  adalah tidak bisa.

Jawaban "tidak bisa" juga banyak diberikan untuk hal-hal yang belum pernah kita lakukan sebelumnya.

Padahal ucapan "tidak bisa" itu seharusnya diberikan setelah kita berusaha melakukan pekerjaan tersebut, namun gagal untuk menyelesaikannya.

Lalu apa perlunya kita mengubah ucapan tidak bisa menjadi belum bisa untuk sesuatu yang belum pernah kita lakukan?
Karena "tidak bisa" dan "belum bisa" itu makna katanya berbeda. "Tidak bisa" berarti kita tidak bisa melakukan pekerjaan tersebut, padahal kita belum mencoba melakukan pekerjaaan tersebut bisa atau tidak melakukannya. Sementara ucapan " belum bisa" berarti kita memang belum tahu bisa atau tidak mengerjakan pekerjaan tersebut.
Dengan mengucapkan " belum bisa " dengan sendirinya akan mendorong kita untuk mencoba melakukan pekerjaan tersebut.

Karena belum pernah melakukannya, maka dia akan berusaha melakukan hal tersebut dengan cara bertanya pada ahlinya atau mencari informasi dari berbagai sumber. 

Seperti dalam kelas onedayonepost tentang cerita bersambung minimal 10 episode ini, terus terang saya juga belum pernah membuatnya. Membuat cerpen saja bisa berbulan-bulan tidak selesai-selesai. Tetapi saat mendapat tantangan ini saya menyakinkan diri saya bisa. Meski saat awal nulis cerita belum tahu bagaimana jalan cerita selanjutnya, bagaimana endingnya. Tapi saya biarkan mengalir saja, dan Alhamdulillah bisa selesai meskipun banyak kekurangan didalamnya dan belum sempat mengedit lagi, kalau ini mungkin hanya cari alasan saja ya...

Ucapan "belum bisa" bisa menjadi motivasi bagi diri kita untuk melakukan sesuatu hal  yang baru. Dan, ini akan sangat baik untuk menambah ilmu dan pengetahuan kita.
Jadi, mulai sekarang ubahlah ucapan kita kearah yang baik supaya hasil yang didapat juga baik.




#onedayonepost
#odopbatch5

You Might Also Like

2 komentar

  1. Betul,kak.
    Dengan mengatakan 'belum bisa' itu artinya ada kemauan,setidaknya sedikit ada keinginan untuk mulai belajar sesuatu yang baru 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, karena kata-kata itu efeknya besar sekali pada kita. Terima kasih sudah mampir, salam kenal...:)

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar. Insya Allah saya akan berkunjung balik. Bila berkenan bisa saling follow aku media sosial saya yang lain.

Like us on Facebook

Flickr Images