7 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

16.11.00


Apa yang terlintas dalam pikiran saat mendengar daun kelor. Kalau saya dahulu pasti langsung menjawab untuk mengobati orang yang kesurupan. Kok bisa? Kalau ini jawaban aslinya saya tidak tahu. Hal ini menurut perkataan orang-orang tua, kalau ada orang kesurupan segera pukul dengan daun kelor, supaya segera sadar.

Saya tidak tahu persis hubungan daun kelor kenapa bisa menakuti setan dan sebangsanya. Tetapi, pemikiran tentang daun kelor bisa menyembuhkan orang kesurupan itu bertahan lama. Baru berubah beberapa bulan lalu sewaktu surving di internet, menemukan fakta yang mengejutkan tentang daun kelor. Ternyata daun ini tidak hanya ditakuti jin saja tetapi daun ini juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan kita.


Karena pemikiran di atas tadi, jarang orang yang mengkonsumi daun kelor sebagai sayuran. Bisa juga karena  banyaknya jenis makanan lain, sehingga keberadaan daun kelor kurang begitu dilirik orang.

Namun, seiring perkembangan jaman dan kesadaran akan pentingnya hidup sehat diadakan penelitian terhadapan berbagai jenis tumbuhan termasuk Daun Kelor. Dan, didapati hasil yang mengejutkan dari penelitian tersebut. Daun Kelor mengandung tiga kali potasium dari pada pisang, 4 kali vitamin A yang dimiliki wortel, 25 kali zat besi yang dikandung bayam, tujuh kali vitamin C dari buah jeruk, empat kali kalsium susu dan tiga kali protein yogurt.

Kabar baiknya adalah daun kelor ini merupakan tanaman asli negara kita Indonesia. Sehingga tidak perlu bingung mencari daunnya. Cukup pergi ke daerah pedesaan dan bertanya pada penduduk sana untuk ditunjukkan seperti apa daun kelor tersebut.

Berbanggalah kita sebagai orang Indonesia, karena tumbuhan ini begitu terkenal di luar negeri. Bahkan banyak orang menganggap tumbuhan ini merupakan obat ajaib untuk mengobati berbagai  penyakit.

Berikut ini manfaat Daun Kelor untuk kesehatan :

1. Mengatasi Diabetes
Menurut penelitian yang dilakukan University of Wiconsin LaCrosse, daun kelor mengandung banyak mineral yang memiliki sifat anti diabetes. Kandungan mineral itu berfungsi untuk produksi insulin. Sehingga daun kelor bisa digunakan sebagai insulin alami untuk mencegah penyakit gula darah atau diabetes.

2. Anti Kanker
Pada jurnal "Food and Chemical Toxicology" mengenai studi kultur jaringan sel kanker serviks manusia ditemukan bahwa ekstrak kelor mampu mencegah pertumbuhan dan reproduksi sel-sel kanker. Peneli kemudian menyimpulkan bahwa daun kelor menunjukkan potensi sebagai pencegahan alami kanker.
Kandungan antioksidan dan potasium daun kelor sangat tinggi membuat daun kelor memiliki khasiat untuk memperlambat bahkan menghilangkan kanker di dalam tubuh.

3. Menyehatkan mata
kandungan vitamin A daun kelor lebih tinggi dari wortel ini sangat berguna untuk kesehatan mata. Cara penggunaannya dengan air rebusan daun kelor untuk diminum dan untuk mencuci mata.

4. Menyembuhkan rematik
Daun kelor bisa mengurangi rasa sakit pada sendi serta bisa mengurangi penumpukan asam urat pada sendi sehingga bisa mengobati rematik.

5. Meningkatan kesehatan pencernaan
Daun kelor mempunyai sifat anti-inflamasi yang dapat mencegah penyakit maag, mengurangi keluhan pencernaan dan infeksi.

6. Menyehatkan kulit
Kandungan vitamin C daun kelor sangat tinggi bisa berguna sebagai anti oksidan, yang manfaatnya sangat penting bagi kesehatan kulit. Jika rutin mengkonsumsi daun kelor bisa menghaluskan kulit. daun kelor juga bisa ditumbuk halus untuk digunakan sebagai masker wajah, yang bisa mengobati jerawat.

7. Menurunkan tekanan darah dan kolesterol
Menurut pakar herbal Tati Winarto mengatakan salah satu manfaat daun kelor adalah menjaga kadar darah dan mencegah kolesterol tinggi.  Hal ini karena daun kelor mengandung zat hiocarbamate glikosa, nitrile dan glikosida minyak mustrad yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Dengan begitu banyaknya manfaat dari daun kelor itulah mungkin setan takut terhadap daun kelor(skip saja ya, ini tidsk msduk dalam pembahasan artikel) kita tidak perlu ragu untuk mengkonsumsi daun kelor. Pemanfaatnya bisa dengan menjadikan sayuran dengan kuah, bisa dengan minum air rebusan daun kelor, bisa dimasak pepes dengan tambahan bahan lain. Hidup sehat dengan bahan-bahan alami.




#kelasnonfiksi
#onedayonepost
#odopbach5

You Might Also Like

8 komentar

  1. Waktu tinggal di kampung, banyak sekali dijumpai pohon kelor di kebon belakang rumah, tumbuh bersama pohon-pohon liar lainnya. Tidak disangka memiliki kandungan dan manfaat yang sedemikian baik buat kesehatan.

    Namun benar bahwa aneh saja mengkonsumsi daun kelor sebagai sayuran layaknya bayam dan lainnya. Namun bila banyak orang yang tahu akan kandungan dan manfaat buat kesehatan, bukan tidak munkin suatu saat akan menjadi sayuran yang wajar dikonsumsi.

    BalasHapus
  2. Mungkin karena belum banyak yang mengetahui manfaat daun kelor saja jadi kelihatannya aneh.

    BalasHapus
  3. Buat sayur bening enak nih

    BalasHapus
  4. Di Ternate dan sekitarnya sudah lazim menjadi sayur sejak dulu.Alhamdulillah saya pun bisa makan di sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di tempat saya jarang yang mengkonsumsi daun kelor sebagai sayur.

      Hapus
  5. Daun kelor buat saya ingat sama ttangga yang entah sekrang udah pindah kemana. Beliau orang Jawa, dan suka banget sama sayuran, dan paling doyan masak daun kelor. Nah makin dewasa aku sering sih dengar kalo ternyata manfaatnya daun kelor ternyata banyak.

    Terima kasih loh mba atas postingannya, jadi bisa nambah deretan artikel bermanfaat dipencarian google, khususnya manfaat daun kelor ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, saya juga baru tahu belum lama ini kok...:)

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar. Insya Allah saya akan berkunjung balik. Bila berkenan bisa saling follow aku media sosial saya yang lain.

Like us on Facebook

Flickr Images