Gaya Hidup Sehat supaya Terhindar dari Berbagai Penyakit

00.07.00


Berawal dari seorang teman SMU yang menderita penyakit tekanan darah tinggi hingga 160mmHg. Padahal usianya belum genap 40 tahun, tubuhnya juga tidak gemuk, tetapi di usia tersebut sudah terjangkit penyakit tekanan darah tinggi.


Saya pernah bagaimana rasanya mengalami penyakit ini. Rasanya ingin tidur tapi tidak bisa tidur, disertai rasa sakit kepala. Dua kali kehamilan, pada minggu terakhir kehamilan, saya selalu menderita darah tinggi. Tapi akan sembuh setelah melahirkan. Mungkin ini bawaan bayi saja.

Fakta yang mengejutkan dari World Health organization (WHO) menyebutkan bahwa jumlah penderita tekanan darah tinggi di negara berkembang lebih besar daripada penderita di negara maju. Di negara berkembang 40% sementara di negara maju hanya 35%.

Kembali ke penyakit teman saya tersebut biasanya diderita orang yang lanjut usia atau kegemukkan (obesitas). Tetapi ternyata penyakit tekanan darah tinggi juga bisa menyerang usia produktif.

Sebagai seorang kontraktor dengan berbagai proyek di beberapa tempat tenth saja menguras fisik dan pijlkiran teman saya tersebut. Belum lagi sering lembur dan terlalu banyak mengkonsumsi kafein bisa jadi merupakan salah satu penyebab penyakit tekanan darah tinggi.

WHO juga mengatakan bahwa pola makan tidak sehat dan kurangnya aktivitas fisik menjadi sumber masalah kesehatan secara global. Seperti kita ketahui sekarang ini banyak kita temukan makanan siap saji diberbagai tempat. Belum lagi aktifitas pekerjaan yang terlalu lama duduk juga membuat kita tidak sehat.

Penyakit itu memang berasal dari Allah, tetapi manusia pun diwajibkan berusaha supaya tidak terkena penyakit. Salah satunya dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Apakah gaya hidup sehat itu?

Gaya hidup sehat adalah upaya yang dilakukan untuk melakukan kebiasaan baik untuk mendapatkan hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan buruk yang merusak kesehatan.

Gaya hidup sehat dapat dilakukan dengan menerapkan kebiasaan-kebiasan berikut ini :

1. Pola makan sehat
- Penuhi kebutuhan tubuh dengan makanan yang bergizi yang mengandung karbohidrat, protein, mineral, vitamin.
- Kurangi konsumi garam, makanan cepat saji dan makanan berpengawet.
- Cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak minum air putih.

2. Istirahat yang cukup
Kebutuhan tidur setiap orang berbeda, namun rata-rata kebutuhan tidur manusia sekitar 6-8 jam. Kurang tidur membuat kita lesu dan mudah terserang penyakit.

3. Olah raga secara teratur
Olah raga berfungsi untuk menjaga kebugaran tubuh. Selain itu olah raga berguna juga dapat meregangkan otot dan melancarkan peredaran darah.

Supaya hidup kita sehat, sebaiknya gaya hidup sehat bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.



#kelasnonfiksi
#onedayonepost
#odopbatch5


You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar. Insya Allah saya akan berkunjung balik. Bila berkenan bisa saling follow aku media sosial saya yang lain.

Like us on Facebook

Flickr Images