7 Jenis Kopi di Dunia

00.47.00


Tak terasa ya, sudah akhir pekan lagi. Waktu memang begitu cepat berlalu meninggalkan kenangan untuk mengejar impian. Oh, ya. Sudah berapa cangkir kopi yang kalian minum hari ini? Kalau saya hanya secangkir saja untuk menghalau rasa ngantuk.

Minum secangkir kopi di pagi atau sore hari ditemani sepiring gorengan itu memang sungguh menyenangkan. Apalagi kalau acara ngopinya bersama-sama dengan orang tersayang atau teman-teman, pasti makin seru. Hingga untuk menghabiskan secangkir kopi saja butuh waktu berjam-jam.

Kopi memang minuman favorit banyak orang, mulai dari anak-anak sampai orang tua. Bagi pengemar kopi pasti bisa membedakan rasa kopi dari satu tempat dengan tempat lainnya. Dan, kalian pasti juga tahu ada beberapa jenis kopi di dunia ini.

Setiap daerah penghasil kopi akan menghasilkan kopi yang berbeda-beda meskipun jenisnya sama. Hal ini dipengaruhi oleh tempat dan habitat kopi itu tumbuh, cara budidaya, serta penanganan setelah panen.

Berikut ini jenis-jenis kopi yang ada di dunia :
1. Kopi luwak
Pasti kalian pernah mendengar tentang kopi ini. Kopi ini asli Indonesia dan untuk menghasilkan kopi jenis ini cukup rumit, yaitu kopi dimakan oleh luwak kemudian biji kopi tersebut dikeluarkan bersama kotoran luwak yang tidak bisa dicerna. Biji kopi inilah yang kemudian diambil untuk dikonsumsi. Menurut  pecandu kopi proses fermentasi kopi oleh luwak inilah yang membuat rasanya lain dari kopi yang lain. Hingga tak heran, jika kopi ini termasuk kopi termahal.

2. Kopi Arabica
Kopi ini berasal dari Afrika. Kopi jenis ini banyak ditemui dipasaran. 70% pangsa pasar kopi dikuasai kopi jenis ini karena kandungan kafeinnya rendah sehingga banyak orang yang menyukainya. Saat ini kopi ini bisa kits temui dengan berbagai Varian seperti cappuccino, latte dan espresso.

3. Kopi Robusta
Kopi ini memiliki biji yang besar-besar. Rasanya sedikit pahit dan asam sehingga banyak yang kurang suka kopi jenis ini. Kandungan kafeinnya juga lebih tinggi dari Arabica. Kopi ini biasa disajikan sebagai kopi tubruk.

4. Kopi liberika
Kopi ini berasal dari Liberia, Afrika. Orang-orang mengatakan bahwa kopi ini merupakan perpaduan dari kopi jenis arabica dan robusta.

5. Kopi Columbia
Seperti namanya kopi ini berasal dari negara Columbia. Kopi ini sebenarnya jenis  Arabica tetapi setelah ditanam di Columbia, rasa kopi berubah menjadi lebik enak disbanding kopi arabica.

6. Kopi Jamaica
Kopi ini berasal dari negara Jamaica yang terkenal dengan sebutan Jamaican Blue Mountain. Kopi ini termasuk kopi premium. Rasanya yang tidak pahit dan lembut, menjadikan kopi ini merupakan kopi termahal di dunia.

7. Kopi Toraja
Kopi ini tumbuh di dataran tinggi Toraja, Sulawesi. Kopi ini biasa disajikan sebagai kopi tubruk atau kopi susu.

Itu tadi jenis-jenis kopi yang ada di dunia. Sebagai penikmat kopi, seharusnya mencoba beberapa Varian kopi supaya bisa mengetahui perbedaan kopi-kopi tersebut. Selamat menikmati kopi panasnya. Happy weekend.




Nb :diambil dari berbagai Sumner berita


#kelasnonfiksi
#onedayonepost
#dopbacth5

You Might Also Like

10 komentar

  1. Balasan
    1. Alhamdulillah tidak, minum kalau ingin saja...:)

      Hapus
  2. Kopi yang tak pahit apa ya mbak Elin 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kopinya setengah sendok teh ditambahi gula, krimer, susu,cokelat...Jadinya rasa pahit kopiny tersamarkan...hehehe

      Hapus
  3. Semua jenis kopi aku suka ☺.
    Kalo ngopi,aku sukanya ngga gitu manis,kak.

    Kok komentar aku kayak lagi mau minta dibikin kopi seduh ya ... ?.
    Hahahahaa ... 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti ini hafal tempat-tempat ngopi yang asyik di Jogja ya...:)
      Silahkan ke Madiun, nanti Insya Allah saya seduhkan kopi dengan sedikit gula...:)

      Hapus
  4. Kopi Toraja emank juara juga. Banyak yang suka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti penikmat kopi ini, sampai hafal jenis-jenis kopi...:)

      Hapus
  5. Kalau saya hanya penikmat kopi sasetan... 😂😂😂

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar. Insya Allah saya akan berkunjung balik. Bila berkenan bisa saling follow aku media sosial saya yang lain.

Like us on Facebook

Flickr Images