Minggu, 01 April 2018

Kanker Payudara- Waspada Lebih Dini Lebih baik

foto : pixabay

Kanker Payudara, saya yakin semua pernah mendengar tentang penyakit satu ini. Bahkan mungkin orang-orang disekitar kita pernah menderita penyakit ini.

Semula saya pun tidak tertarik untuk membahas penyakit ini. Namun, setelah beberapa bulan lalu salah satu sahabat berpulang karena penyakit kanker payudara,  ditambah lagi beberapa minggu yang lalu salah satu saudara  baru selesai menjalani operasi pengangkatan kanker payudara. Hati ini tergerak untuk mencari tahu lebih jauh tentang penyakit ini.


Menurut beberapa artikel yang saya baca, sampai saat ini belum diketahui secara pasti apa penyebab seseorang menderita penyakit kanker, termasuk kanker payudara. Namun, menurut penelitian, gaya hidup yang tidak sehat dan faktor keturunan dianggap sebagai salah satu penyebab penyakit ini. Seharusnya penyakit kanker memang bukan penyakit keturunan. Namun, saat ada salah satu saudara yang mengidap penyakit kanker servik atau payudara, perlu waspada terhadap penyakit ini. Karena penderita kanker ini membawa gen.  Gen tersebut adalah BRCA1 dan BRCA2 yang meningkatkan seseorang terkena penyakit kanker. Diduga gen ini bisa diturunkan pada generasi penerusnya

Sementara gaya hidup yang tidak sehat seperti sering mengkonsumsi makanan siap saji atau fast food, banyak makan makanan yang berlemak dan manis, terlalu banyak menggunakan penyedap rasa dan makanan yang tidak sehat lain diduga menjadi salah satu penyebab penyakit kanker.

Meski belum diketahui secara pasti penyebab penyakit ini ada baiknya kita berusaha mencegah supaya penyakit ini tidak menyerang kita yaitu
1. Dengan menerapkan gaya hidup sehat.
2. Melalukan mammografi yaitu pemeriksaaan payudara menggunakan alat bagi orang yang mempunyai resiko terkena penyakit kanker.
3. Melakukan SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri), meskipun keakurasian metode ini hanya 26%, tetapi tidak ada salahnya kita tetap melakukannya.


Lalu bagaimana jika terlanjur terkena penyakit ini? Seperti umumnya semua penyakit, semakin cepat ditangani semakin besar kemungkinan untuk sembuh. Untuk itu kita perlu waspada jika hal-hal berikut ini terdapat di payudara kita :

1. Muncul Benjolan di payudara
    Benjolan yang terdapat di payudara menjadi salah satu indikasi terjadinya kanker. Meski tidak semua benjolan merupakan penyakit kanker, biasanya akan muncul saat kita mengalami mestruasi. Yang terkadang kita menjadi lengah adalah karena benjolan yang berupa kanker ini tidak terasa sakit. Sehingga banyak orang yang menganggapnya sepele.

2. Warna kulit payudara berubah
    Perubahan warna pada payudara sering dianggap sebagai infeksi biasa. Biasanya payudara yang terkena kanker terstur kulitnya seperti kulit jeruk, permukaaan payudara nya tampak berlekuk-lekuk dan terjadi penebalan kulit. Meski terkadang kanker payudara tipe tententu tidak mengalami perubahan bentuk.

3. Puting terasa sakit.
    Ciri kanker stadium 1 adalah bagian puting terasa sakit dan ditandai dengan keluarnya cairan.

4. Muncul benjolan pada ketiak
    Jaringan payudara meluas hingga bagian ketiak. Maka kanker dapat menyebar melalui kelenjar getah bening di bawah ketiak. Karena itulah muncul benjolan di bawah ketiak.

Jika menemukan benjolan di payudara, sebaiknya segera berkonsultasi dengan petugas kesehatan. Kemudian petugas kesehatan akan menganalisa dan memberikan saran untuk langkah penangan lebih lanjut.

Saat dokter menyatakan bahwa benjolan tersebut adalah kanker. Secepat mungkin segera lakukan langkah medis untuk pengobatan. Semakin cepat penanganan kanker, semakin besar juga kemungkinan untuk sembuh.

Pengobatan kanker, termasuk kanker payudara sepengetahuan saya butuh waktu lama. Dan tentu saja juga biaya yang cukup besar untuk pengobatan dan terapi. Diperlukan kesabaran dan semangat dari orang-orang di sekitar penderita kanker, untuk terus memberi dorongan semangat pada penderita kabker

Ada seorang tetangga, masih  terhitung saudara jauh, yang menderita penyakit kanker payudara telah menjalani serangkai pengobatan termasuk operasi. Jangan ditanya berapa besar biayanya. Alhamdulillah, saat banyak orang mengira dia tidak akan bertahan lama, ternyata Allah penentu segalanya memberi kesembuhan sampai saat ini beliau sehat-walafiat.

Sesungguhnya setiap penyakit memang kehendak Allah, namun sebagai manusia yang bertaqwa sudah menjadi kewajiban kita untuk berusaha. Sementara hasil kita kembalikan pada Allah Subhanahu wa ta'ala.


#kelasnonfiksi
#odopbatch5
#onedayonepost

2 komentar:

  1. Semoga kita terhindar dari penyakit ini. Terima kasih sharingnya ya mbak ^^

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar. Insya Allah saya akan berkunjung balik. Bila berkenan bisa saling follow aku media sosial saya yang lain.