ODOP Lanjutan Berakhir Tetap Semangat Menulis

23.32.00


Tak terasa one day one post kelas lanjutan hari ini berakhir. Meski belum resmi ditutup, tetapi hari ini tepat empat minggu kelas non fiksi dilaksanakan.

Dengan adanya bedah tulisan tiga Kali seminggu, membuat tulisan peserta odop semakin baik dari kualitas dan kualitas. Hal ini saya rasakan sendiri manfaatnya. Dahulu mau menulis satu blog post itu bisa berhari-hari nggak selesai. Setelah mengikuti odop, alhamdulillah bisa menulis setiap hari meskipun sering dipaksakan harus menulis.

Selain itu juga ada materi dua kali seminggu dari pemateri yang sudah berpengalaman dan mempunyai jam terbang tinggi. Hal ini tentu saja semakin menambah wawasan peserta Odop tentang dunia menulis.

Dan, empat minggu sudah kelas nonfiksi berlangsung, apa yang saya rasakan? Senang pastinya, telah sampai pada fase ini. Dan, yang paling menyenangkan adalah postingan blog saya bertambah meski dari kualitas belum maksimal.

Selain itu keterpaksaan untuk menulis sewaktu masih di kelas Odop sekarang sudah berubah menjadi lebih santai. Untuk menulis pun jauh lebih mudah dibandingkan dahulu yang ketik hapus berulang kali. Alhamdulillah sekarang bisa nulis satu kali blog post tiap hari.

Semakin mengenal keluarga odop semakin membuat ikatan pertemanan menjadi lebih akrab. Kalau dahulu masih 100 peserta terus terang saya tidak hafal anggota satu group. Sekarang setelah tersisa sekian peserta menjadi hafal siapa saja anggota satu group.

Meski hari ini Odop lanjutan berakhir bukan berarti berhenti menulis. Odop adalah sarana supaya kita bisa setiap hari menulis. Tidak perlu memikirkan menulis yang level tinggi yang tidak kita kuasai. Tetapi, menulis dari hal-hal sederhana yang kita kuasai. Seperti qoute Odop bahwa "setiap tulisan akan menemukan pembacanya" bisa menjadi salah satu penyemangat dalam menulis.
Don't stop writing.



#kelasnonfiksi
#onedayonepost
#odopbatch5


You Might Also Like

6 komentar

  1. Ini komunitas blog yaa. ODOP soalnya pernah teman juga ikut ODOP selama sebulan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, komunitas menulis di blog. Komunitas odop banyak, tapi yang saya ikuti ini Odop yang dibentuk Bang Syaiha.

      Hapus
  2. adanya odop ini jadi motivasi untuk terus menulis. mau gak mau ya harus nulis. mudah-mudahan akan diadakan lagi ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Untuk melatih menulis tiap hari, sangat membantu sekali. Insya Allah akan ada Odop batch 6, tapi kurang tahu kapan mulainya.

      Hapus
  3. Alhamdulillah,, tetap semangat menulis...
    Saya juga belajar nulis dari ODOP. Dan merasa lebih pede untuk publikasi tulisan. heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih Mbak Arien. Iya saya sangat terbantu sekali dengan mengikuti odop ini. Baik dari segi kuantitas maupun kualitas, meskipun masih sangat jauh dari kata kreatif.

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar. Insya Allah saya akan berkunjung balik. Bila berkenan bisa saling follow aku media sosial saya yang lain.

Like us on Facebook

Flickr Images