Minggu, 08 April 2018

Pentingnya Sarapan Sebelum Memulai Aktivitas

Minggu pagi yang cerah. Saatnya bersantai dan menikmati liburan bersama keluarga. Tapi, sudahkah anda sarapan pagi ini? Jangan karena libur dan bahagia sehingga lupa untuk sarapan. Kalau sudah, menu apa tadi sarapannya?


Jangan karena alasan tidak ada waktu dan banyak pekerjaan sehingga membuat anda melupakan sarapan. Karena, sarapan itu berguna sebagai sumber tenaga untuk menunjang aktivitas kita hingga nanti waktu makan siang.


Saya sendiri pun selalu menyempatkan untuk sarapan, kalau tidak sedang puasa tentunya. Untuk menu sarapan, saya biasanya memilih menu yang ringan. Salah satu menu sarapan  yang praktis adalah Minum Energen dan makan 5 buah biskuit beserta 1 buah apel.  Bukan untuk mempromosikan produk ini, tetapi memang saya sering mengkonsumsinya sebagai menu untuk sarapan.

Tetapi, kali ini saya tidak akan membahas kandungan minuman Energen, tetapi tentang pentingnya sarapan sebelum beraktivitas.

Sarapan selain sebagai sumber tenaga untuk menunjang aktivitas kita hingga siang, ternyata juga mempunyai manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Berikut ini manfaat sarapan yang saya himpun dari berbagai sumber :
1. Menghindari penyakit Maag
    Penyakit maag biasanya terjadi karena tidak teraturnya pola makan kita sehari-hari. Sehingga  asam lambung jumlahnya meningkat. Untuk menghindari penyakit ini, bisa dengan membiasakan diri sarapan di waktu yang sama setiap paginya.

2. Melancarkan Buang air besar(BAB)
Menurut penelitian Jhon Hopkins University, sarapan dipercaya bisa membantu kesulitan BAB dan melancarkannya, dengan syarat sarapannya di bawah jam 9 pagi. Kalau lebih jam jam 9 pagi, mungkin sampai jam 11 baru sarapan, itu bukan lagi sarapan tapi makan siang ya.

3. Membantu menurunkan berat badan
Bermaksud menurunkan berat badan, makan pagilah secara teratur. Diet bukan berarti melaparkan diri. Saat perut kosong dan dalam keadaan yang sangat lapar, orang biasanya akan kalap saat menemukan makanan. Seharusnya sepiring nasi cukup, dalam kondisi lapar porsi tersebut pasti akan kurang. Dan itu berarti akan menambah jumlah nasi lagi. Kalau begini bukannya berat badan turun, yang ada berat badan malah meningkat. Dengan sarapan sebelum aktivitas, maka rasa lapar yang dirasakan waktu makan siang akan berkurang, sehingga porsinya pun tidak terlalu berlebihan.

4. Mengurangi resiko penyakit jantung
Menurut suatu penelitian, kadar kolesterol pada wanita yang tidak sarapan selama dua minggu, lebih tinggi bila dibanding dengan wanita yang makan pagi dengan sereal dan susu. Sereal mencukupi kebutuhan serat tubuh. Serat ini berguna untuk mengikat kolesterol jahat kemudian dilepaskan bersama urine dan Bab. Asupan serat yang tinggi juga membantu mengurangi resiko terkena penyakit jantung hingga 50%.

5. Meningkatkan kemampuan otak
Ketika bangun tidur, kebanyakan energi (berupa glukosa dan glikogen) sudah habis digunakan untuk aktivias di hari sebelumnya. Padahal glukosa adalah satu-satunya bahan bakar untuk otak. Tanpa glukosa kita akan mudah lelah dan lupa.

6. Memberi nutrisi untuk tubuh
Sarapan merupakan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin tubuh. Dengan menunda atau bahkan tidak sarapan berarti akan menghambat proses masuknya vitamin dan nutrisi tubuh. Hal ini tentu saja tidak baik bagi kesehatan tubuh.


Dalam memilih menu sarapan pun sebaiknya tidak sembarangan. Sarapan sehat menunjang hidup yang sehat juga. Sarapan sehat yang dianjurkan adalah yang mengandung banyak biji-bijian utuh( sereal gandum utuh), protein (selai kacang, daging tanpa lemak, ayam, ikan, telur rebus), susu rendah lemak serta buah-buahan dan sayur-sayuran.
Dengan kombinasi antara karbohidrat, protein, buah dan sayur akan membuat kita kenyang lebih lama.

Dengan begitu banyaknya manfaat sarapan, sayang sekali kalau kita sampai melewatkan pagi tanpa sarapan. Mari kita jaga kesehatan tubuh dengan sarapan secara teratur.


#kelasnonfiksi
#onedayonepost
#odopbatch5





8 komentar:

  1. Wahh informatif banget🙏

    BalasHapus
  2. Waahh, saya kebiasaan nggak sarapan..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobalah mulai sarapan. Sekarang masih muda mungkin tidak berasa.

      Hapus
  3. Jadi kangen sarapan nih.. udah lama ninggalin kebiasaan sarapan..
    Terimakasih untuk ilmunya mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebiasaan baik kok malah ditinggalkan...:)

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar. Insya Allah saya akan berkunjung balik. Bila berkenan bisa saling follow aku media sosial saya yang lain.