Telaga Sarangan Tempat Wisata yang Asyik di Lereng Gunung Lawu

00.27.00

Foto : sewarga.com

Bagi yang tinggal di daerah Jawa Timur bagian barat dan Jawa Tengah bagian Timur, nama Telaga Sarangan tentu tidak asing lagi. Telaga ini terletak di lereng Gunung Lawu bagian Timur, termasuk kabupaten Magetan.

Telaga Sarangan merupakan telaga alami. Berada di atas ketinggian 1200 dari permukaan laut, membuat suhu di sekitar telaga sejuk berkisar antara 15-20 derajat Celcius. Luas keseluruhan telaga sekitar 30 hektare, dengan kedalaman 28 meter. Sehingga untuk mengitari telaga cukup dengan jalan kaki saja. Bisa juga menunggang kuda yang banyak disewakan di sekitar telaga.


Dengan pemandangannya yang indah dan kabut yang sering turun membuat banyak pelancong yang mengunjunginya. Sehingga, Telaga Sarangan merupakan ikon wisata kabupaten Magetan.

Selain menikmati beningnya air telaga dan sejuk udaranya, kita juga bisa mengunjugi air terjun Tirtosari, yang masih di areal  telaga Sarangan.

Pertama Kali mengunjungi telaga ini, sewaktu masih SD dalam rangka tour pariwisata. Seiring berkembangnya zaman tempat ini semakin ramai dan fasilitas yang disediakan juga semakin lengkap.

Jika hendak menginap pun tidak perlu binging, karena diseputaran telaga banyak terdapat penginapan. Mulai dari hotel berbintang, villa maupun penginapan kelas melati. Tinggal menyesuaikan dengan budget yang kita miliki.

Yang saya suka saat mengunjungi telaga Sarangan adalah kulinernya yaitu sate kelinci. Pedagang sate ini tersebar di sekeliling telaga, tinggal memilih di mana biasanya maka. Soal harga tidak perlu takut, karena setiap pedagang sudah menulis harga perporsinya. Dan, harganya sudah kompak sama.

Jika sudah lelah menikmati pemandangan dan berniat hendak pulang serta ingin membeli oleh-oleh. Di pinggir telaga terdapat pasar oleh-oleh mulai dari baju bertulis 'Sarangan', kerajinan khas Magetan, dan tidak ketinggalan kulinernya semua tersedia di pasar ini.

Di balik keindahan panorama dan sejuknya udara Telaga Sarangan, saya menyimpan beberapa ganjalan. Beberapa kali kesana saya merasa tidak asyik karena bau kotoran kuda yang menyengat. Bahkan ada tempat bak penampungan kotoran yang diletakkan di pinggir telaga. Sehingga pengunjung yang berjalan mengelilingi telaga pasti jijik melihatnya.

Satu lagi yang menjadi pertanyaan saya, tapi tidak tahu mesti bertanya pada siapa. Tentang penarikkan tiket masuk untuk wahana yang ada di seputar telaga. Pertama kita masuk lokasi telaga telah membayar tiket, kemudian saat ingin memasuki wahana wisata lain, seperti Raman atau hutan wisata( lupa namanya, letaknya di bagian barat telaga) kita diharuskan membeli ticket masuk lagi. Belum lagi untuk melihat air terjun Tirtosari kita perlu membeli tiket masuk tiga kali lagi, selain tiket awal masuk Telaga Sarangan.

Semoga pemerintah setempat bisa menyelesaikan keluhan-keluhan pengunjung ini. Supaya wisata Telaga Sarangan selain Indah pemandangannya juga bersih dan terjaga kerapiannya.




#tantanganpekan4
#kelasnonfiksi
#onedayonepost
#odopbatch5




You Might Also Like

6 komentar

  1. View di sini bagus banget ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mbak Kiki. Yang ambil foto pinter ambil viewnya....:)

      Hapus
  2. banyakin lagi mbak fotonya, kayaknya sama danau ranau didaerah nya itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah ditambahi foto nanti. Danau Ranau kan di Sumatera, kalau Telaga Sarangan di lereng Gunung Lawu,Jawa Timur.

      Hapus
  3. Pernah ke sana belasan tahun lalu. Yang saya ingat indahnya saja banyak bunga warna warni sepanjang jalan. Saya tidak ingat bau kudanya 😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau belasan tahun yang lalu memang belum terlalu banyak pengunjung. Tapi sekarang, kalau hari-hari libur ramai sekali...:)

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar. Insya Allah saya akan berkunjung balik. Bila berkenan bisa saling follow aku media sosial saya yang lain.

Like us on Facebook

Flickr Images