7 Tips Mengempukkan Daging

16.36.00


Hai semuanya...Tak terasa sekarang sudah memasuki bulan Mei, meskipun baru tanggal 1. Oh ya, Insya Allah 16 hari lagi kita bertemu dengan Ramadhan. Sudah seberapa siap kalian menyambut bulan suci ini.

Bulan Ramadhan memang bulan penuh rahmat bagi umat Islam. Karena di bulan ini amalan kebaikan yang kita lakukan akan diganjar pahala berlipat-lipat oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Untuk itu kita harus meningkatkan kadar ibadah kita. Supaya kita bisa lancar dalam menjalankan ibadah selama bulan Ramadhan, diperlukan gizi yang cukup. Salah satunya dengan mengkonsumsi daging, baik daging sapi, kambing maupun daging ayam.

Namun, terkadang kita enggan untuk memasak daging karena waktu yang diperlukan untuk membuat daging empuk cukup lama. Tekstur daging kambing dan sapi memang berbeda dengan daging ayam yang lebih cepat empuk saat dimasak. 

Ada bagian-bagian daging yang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk proses pengempukkan. Ada juga bagian daging yang jika dimasak terlalu lama sebaliknya akan berubah menjadi alot atau keras. Bagian daging yang biasa untuk steak hanya memerlukan waktu sebentar untuk memasaknya. 

Supaya tidak enggan memasak daging lebih cepat dan tidak alot, ada beberapa tips untuk mengempukkannya menurut beberapa artikel yang saya baca dan berdasarkan pengalaman sendiri juga tentunya :
1. Menambahkan daun pepaya.
Bungkus daging terutama daging kambing yang akan dimasak dengan menggunakan daun pepaya. Zat papain yang dikandung pepaya dipercaya dapat mengempukkan daging.

2. Menggunakan gula batu
Sewaktu memasak daging sebaiknya menggunakan gula batu. Ini berdasarkan pengalaman saya sendiri. Saat memasak menggunakan gula batu waktu yang diperlukan lebih cepat dibandingkan ketika menggunakan gula pasir.

3. Menggunakan jeruk nipis atau lemon
Cara ini sudah sering digunakan semenjak dahulu. Dengan melumuri daging menggunakan lemon ataupun jeruk nipis, selain mengurangi bau amis daging juga membuat daging lebih cepat empuk saat dimasak. Lumuri daging menggunakan lemon atau jeruk nipis lalu masukkan ke dalam selama beberapa jam sebelum dimasak.

4. Menggunakan buah nanas.
Parut nanas, kemudian balurkan ke daging yang akan dimasak selama 30 menit. Enzim bromelain yang dikandung buah nanas dapat untuk mengempukkan daging.

5. Menggunakan teh.
Teh selain nikmat untuk minuman dingin maupun panas, ternyata juga dapat digunakan untuk mengempukkan daging. Kandungan tanin dalam teh bisa untuk mengempukkan daging. Buat1-2 gelas teh hitam pekat, lalu biarkan dingin. Setelah dingin, tuangkan ke daging bersama bumbu-bumbu yang lain selama 30 menit.

6. Dengan memukulnya
Bagian daging yang biasanya untuk steak memang tidak memerlukan waktu lama untuk memasak. Untuk itu perlu perlakuan khusus untuk daging bagian ini. Sebelum memasak pukul-pukul daging menggunakan alat pemukul daging, kalau tidak punya bisa menggunakan bagian punggung pisau. Hal ini akan membuat daging steak yang kita masak menjadi lembut dan tidak alot lagi meskipun hanya sebentar memasaknya.

7. Menggunakan Cola.
Selain enak untuk diminum, cola juga bisa digunakan untuk campuran memasak berbagai varian daging. Rendam daging selama 30 menit sebelum dimasak dengan cola. Kandungan asam dalam cola berubah katalis untuk melunakan otot daging.


Nah, sekarang tidak ada cerita lagi memasak daging alot setelah tahu tips-tipsnya. Dan, tentunya masakan daging kita lebih nikmat karena dagingnya lembut dan nikmat.


NB : Diolah dari berbaga sumber.

You Might Also Like

4 komentar

  1. Aku juga pernah denger kalo Cola sanggup melunakkan daging agar lebih cepat empuk.
    Mungkin dengan cara itu, daging setelah matang juga akan terasa unik ya,kak ... campuran rasa khas daging dan minuman bersoda 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang rasanya enak kok, saya pernah memasak dengan daging ayam....:)

      Hapus
  2. wah ternyata mengempukan daging selain jeruk nipis sama lemon jg bisa pake nanas ya. baru tau..mantap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mabak Daruma. Nanas kan juga asam, jadi bisa berguna untuk menghilangkan bau amis daging sekaligus untuk mengempukkan daging.

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar. Insya Allah saya akan berkunjung balik. Bila berkenan bisa saling follow aku media sosial saya yang lain.

Like us on Facebook

Flickr Images