Pentingnya Foto Dalam Artikel Blog

23.42.00


Haloo...ketemu lagi. Nggak terasa ya, tahun 2018 sudah setengah perjalanan lebih. Mumpung masih di minggu pertama bulan Juli, kembali memantafkan diri untuk aktif ngeblog setelah terlena bulan Puasa. Padahal terlenanya karena sibuk menata perasaan saja sik...nggak perlu dibahas deh..

Pernah nggak selama ini kalian membandingkan artikel di blog yang dilengkapi dengan foto dan tidak. Enakan mana( memangnya masakan ya...bilang enak segala).  Maksudnya sih lebih nyaman baca artikel tanpa foto atau artikel dengan foto, untuk artikel jenis yang sama?

Kalau menurut saya pribadi, sebuah artikel yang dilengkapi dengan foto penunjang itu lebih menarik daripada artikel tanpa foto. Apalagi fotonya bagus dan ada captionnya, akan lebih membuat saya tertarik untuk membaca artikel tersebut sampai selesai.

Fungsi foto dalam sebuah artikel di blog itu sebenarnya banyak lho, jangan dikira hanya untuk menarik pembaca membaca artikel kita saja. Berikut ini beberapa fungsi foto dalam sebuah artikel di blog :

1. Menarik pembaca
Sebuah artikel yang dilengkapi gambar penunjang akan membuat pembaca membaca artikel kita. Apalagi foto atau gambar yang ditampilkan di awal artikel bagus, tentunya akan membuat pembaca senang berkunjung ke blog kita. Terkadang blog yang artikelnya biasa saja jumlah pengunjungnya lebih banyak dari blog yang artikelnya bagus karena foto-foto di blog tersebut bagus-bagus.

2. Untuk memperjelas atau memperkuat artikel.
Foto dalam sebuah artikel bisa mewakili isi artikel itu. Misalnya, saat kita menulis tentang resep makanan, foto akan bisa semakin memperjelas bahkan memperkuat artikel kita dengan memperlihatkab bahkan yang dibutuhkan, beserta hasil akhir dari masakan kita.
Bagi blogger traveling, foto bisa memperjelas tentang keindahan suatu tempat.
Apalagi untuk artikel yang menulis tentang tutorial, kehadiran foto sangat diperlukan untuk memperjelas tutorial yang kita buat.

3. Sebagai jeda untuk membaca
Artikel yang panjang tentu membutuhkan waktu yang lama untuk membaca. Nah, dengan adanya foto, pembaca tentu tidak akan bosan membaca artikel kita. Karena pandangannya teralih sebentar ke foto yang kita sisipkan.


Bagi yang mempunyai koleksi banyak foto mungkin tidak akan masalah dalam menambahkan foto di artikelnya. Namun, bagi yang koleksi fotonya sedikit tidak perlu berkecil hati karena kita bisa menggunakan foto yang ada di Google.

Meski banyak foto di Google, kita harus hati-hati dalam menggunakan foto-foto tersebut karena terkadang foto tersebut ada hak ciptanya. Sebaiknya gunakan foto yang ada kode CCO nya. Apa itu CCO? Tunggu posting an berikutnya...


You Might Also Like

4 komentar

  1. hem, bener mbak. foto sangat membantu sebuah artikel menarik.apa lagi menampilkan produk atau suatu tempat . cerita juga memerlukan foto

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya... foto bisa merperjelas tuulisan kita...:)

      Hapus
    2. dann akan terlihat lebih menarim juga blognya, jadi tidak semuanya tulisan hhe

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar. Insya Allah saya akan berkunjung balik. Bila berkenan bisa saling follow aku media sosial saya yang lain.

Like us on Facebook

Flickr Images