Arti Sebuah Nama

18.21.00


Arti Sebuah Nama- Pujangga besar William Shakespeare mengatakan, "Apalah arti sebebuah nama? Andaikan kita memberikan nama lain untuk bunga mawar, ia tetap akan berbau wangi."


Ungkapan Shakespeare diatas sering membuat orang beranggapan bahwa nama itu tidak penting. Seseorang baik atau buruk itu bukan berdasarkan atas nama saja, tetapi juga atas prilakunya juga. Namun, ungkapan pujangga dalam novel Romeo and Juliet itu sebenarnya berkisah tentang nama belakang kedua tokoh novel yang sudah bermusuhan sejak dahulu, sehingga membuat kedua pasangan tidak boleh bersatu.

Dalam agama Islam, nama itu merupakan sebuah doa. Di mana di dalamnya terkandung harapan dan doa orang tua terhadap kehidupan anak-anak mereka kelak.

Adat-istiadat di berbagai daerah Indonesia juga mempunyai kepercayaan tentang pemberiaan nama pada bayi yang baru lahir. Di daerah saya (Jawa), bayi yang baru lahir belum diberi nama. Pemberian nama akan diberikan nanti pada hari kelima setelah bayi lahir(sepasar). Biasanya sebelum pemberian nama akan dibuatkan jenang merah dan putih, merupakan perlambang bayi merupakan buah cinta dari ibu dan bapaknya. Setelah itu baru diumumkan nama anak kepada khalayak rame dalam acara slametan atau kenduri.

Memberikan nama yang baik tentu juga akan membuat anak lebih percaya diri dalam menghadapi kehidupan. Berbeda saat kita memberi nama anak yang asal comot dan arti yang tidak baik tentu akan membuat anak malu bergaul dengan teman-temannya. Hal ini tentu akan membuat minder yang pada akhirnya anak akan sulit berkembang.

Seperti kita ketahui Nama merupakan hal yang kita sebut pertama kali ketika mencari sesuatu entah itu manusia maupun barang. Nama yang baik tentu akan membuat orang yang mencaripun akan baik. Namun, nama yang asal sebut tentu akan membuat orang yang mendengar atau memanggil akan mengeryikan dahi mendengar nama tersebut.

Saat ini sangat mudah kita temui nama-nama yang dalam akun media sosial yang mempunyai banyak arti ada yang lucu, seksi, serem. Padahal nama asli pemberian orang tua mereka itu bagus-bagus lho. Mungkin mereka kurang puas dengan nama asli mereka sehingga mengganti nama dengan yang lebih keren tentu versi mereka, hehehe.

Karena nama itu adalah doa maka buatlah nama yang baik untuk anak. Semoga kehidupan anak-anak kita kelak bisa menjadi anak sholeh maupun sholehah. Sehingga bisa menjadi ladang amal bagi kedua orang tua mereka. Amin.

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images