Saudara adalah Mereka Yang Berada di Sekitar Kita

12.24.00


Saudara adalah mereka yang berada di sekitar kita - Saat kita ditanya berapa jumlah saudaramu, tentu jawaban kita satu, dua dan seterusnya. Saat pertanyaan berlanjut tentang keberadaan mereka sekarang, jawaban kita dia di sana, sementara dia kerja di sana dan seterusnya. 

Secara etimologi, kata saudara memang merujuk pada orang-orang yang terhubung oleh aliran darah, bisa juga karena satu golongan atau ucapan kepada orang lain untuk menghormatinya. Tapi yang paling banyak digunakan adalah untuk menyebut orang yang bertalian darah.


Saudara saat kecil sama-sama tinggal di rumah orang tua. Namun setelah besar dan berumah tangga banyak yang tinggal jauh dari kita. Terkadang karena merasa memiliki saudara kita abai dengan lingkungan sekitar. Tidak mau bergaul atau bermasyarakat. Beranggapan jika kelak ada sesuatu minta tolong pada saudara yang jauh tersebut.

Pernah mendengar tentunya bukan kalau "saudara bisa saja suatu saat bisa jauh, sementara orang lain bisa menjadi saudara kita. Berawal dari mertua yang sakit stroke dan perlu bantuan orang lain untuk merawatnya.. Suami dua bersaudara satu di Ibukota sebagai abdi negara, dan yang tinggal dirumah adalah suami. Praktis  untuk mengantar kontrol dan terapi tidak mungkin hanya suami, perlu bantuan orang lain.  Mau minta tolong kakak yang di Jakarta juga tidak mungkin, karena dia terikat oleh dinas. Alhamdulillah masih mempunyai tetangga kiri kanan yang ihklas mengulurkan tangan untuk membantu merawat mertua.

Apa yang kita tanam itulah yang akan kita petik. Hal itu memang benar adanya. Jikalau kamu kurang dekat dengan tetangga kiri kanan perbaikilah hubungan bermasyarakatmu segera. Karena apa ? Tetanggamulah yang akan mendengar teriakanmu pertama kali saat engkau berteriak minta tolong. Tetanggamulah yang akan mendengar suara tangisanmu saat punya masalah. Bukan saudaramu yang tinggalnya jauh denganmu. Yang untuk sampai di tempatmu butuh waktu beberapa menit, jam bahkan hari untuk menatap wajah kita.

Jauh maupun dekat memang tetaplah saudara karena kita terikat oleh aliran darah dan hubungan batin. Tidak ada kata mantan saudara. Tetapi orang-orang disamping kita juga adalah saudara kita, sebab bersama merekalah kita menjalani kehidupan sehari-hari.

Jikalau Kamu tinggal jauh dari orang tua, perbaikilah hubungan dengan tetangga kiri kanan orang tua. Berkomunikasilah dengan mereka. Dan minta tolong mereka untuk membantu mengawasi orang tua kita kita karena kita jauh dengan mereka. Tentunya kita masih ingat tentang kematian dua lansia di Magelang beberapa waktu lalu, hingga satu minggu baru diketahui orang lain, karena anak-anak mereka tidak tinggal bersama. Tentunya kita tidak ingin hal tersebut terjadi pada keluarga kita bukan.

Meskipun orang-orang disekitar kita sering tidak sesuai pemikiran dengan kita, sering bergunjing ataupun sifat lain yang mungkin tidak sesuai dengan kita. Biarkan saja itu urusan mereka. Yang terpenting kita menjalin hubungan baik dengan mereka. Menjalin hubungan baik bukan berarti kita harus mengikuti kebiasaan mereka yang tidak baik kan. Pintar-pintarnya kita memilah mana yang baik dan buruk sehingga hubungan kemasyarakatan tetap terjalin dengan baik.

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar. Insya Allah saya akan berkunjung balik. Bila berkenan bisa saling follow aku media sosial saya yang lain.

Like us on Facebook

Flickr Images