15 Tempat Pariwisata di Madiun Yang Menarik untuk di Kunjungi

23.26.00


15 Tempat Pariwisata di Madiun yang Menarik Untuk dikunjungi - Teman-teman sekalian pasti pernah menikmati nasi pecel. Entah saat sarapan, makan siang atau saat makan malam. Enak banget kan. Ngomong soal pecel, mungkin kalian ingat  Madiun. Yups, daerah ini merupakan asal muasal sambel pecel yang legendaris itu.

Setiap sudut di daerah Madiun akan kita temui penjual nasi pecel. Hingga tak salah jika kota ini mendapat julukan kota pecel. Selain kulinernya yang nikmat, Madiun juga memiliki obyek wisata yang cukup indah lho.


Madiun merupakan daerah di Jawa Timur di bagian Barat. Tempatnya yang berada di jalur lintas propinsi membuat daerah ini cukup dikenal orang yang melintasinya.

Untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan  ke daerah ini, Pemerintah daerah Madiun memperbaiki sarana dan prasana berbagai tempat wisata. Dengan meningkatnya jumlah wisatawan, tentunya akan berimbas pula terhadap meningkatnya jumlah pendapatan daerah.

Wilayah Madiun pada umum berada di dataran rendah dan berhawa panas. Namun, di bagian timur tepatnya dilereng Gunung Wilis sebelah barat berhawa sejuk dan memiliki pemandangan khas pegunungan yang sangat indah.

Berikut ini beberapa tempat  pariwisata di Madiun yang bisa dijadikan rujukan untuk tempat liburan :

1. Monumen Kresek
Tempat ini merupakan tempat pariwisata sejarah yang dibangun untuk mengenang para korban pemberontakkan Partai Komunis Indonesia(PKI) 1948 dan 1965 di Madiun. Monumen ini terletak di Desa Kresek, Kecamatan Wungu. Selain monumen juga tersedia berbagai sarana permainan anak, toko, tempat ibadah, dll. Untuk mengunjungi tempat ini pun gratis, hanya cukup membayar uang parkir saja.
foto : kemenpar.merdeka.com


2. Taman Wisata Umbul
Merupakan wahana wisata dan belajar.  Dilengkapi dengan fasilitas kolam renang dan kebun binatang mini, wahana bermain anak-anak. Sesuai untuk anak usia sekolah yang ingin mengenal nama-nama binatang. Tempat  wisata ini terletak di Desa Glonggong, Kec. Dolopo. Berada di jalur perbatasan dengan Kabupaten Ponorogo.
Foto : asalmotretae.blogspot.com


3. Waduk Widas
Waduk ini dibangun dengan membendung aliran kali Bening beserta anak kalinya. Luas waduk ini mencapai 570 hektare. Waduk ini dibangun untuk membantu irigasi di musim kemarau untuk petani di wilayah sekitar dan di Kabupaten Nganjuk. Waduk ini terletak di Kec. Saradan atau Madiun bagian Timur. Fasilitas yang disediakan adalah tempat memancing, speed  boat, taman main anak-anak, kios.
Foto : madiunae.id


4. Watu Rumpuk
Obyek wisata ini berupa batu yang bertumpuk-tumpuk sehingga disebut dengan Watu Rumpuk. Berada di desa Mendak, Kecamatan Dagangan. Obyek wisata ini menawarkan keindahan alam puncak Gunung Wilis yang indah dan masih alami. Untuk menuju tempat ini dibutuhkan keahlian yang tinggi dalam menyetir motor maupun mobil, karena kondisi jalan yang masih sempit dan banyak yang rusak. Namun, kengerian selama perjalanan akan terbalas saat sampai di tempat tujuan. Oh ya didekat Watu  Rumpuk juga terdapat sebuah air terjun yang masih alami yang di kenal dengan Air Terjun Jambu.




5. Hutan Pinus Nongko Ijo
Tempat ini merupakan obyek wisata hutan pinus yang berad di lereng Gunung Wiilis, tepatnya berada di Desa Kare, Kecamatan Kare. Konon dahulu kala ditempat tersebut tumbuh sebuah poho nangka yang berwarna hijau dan cukup besar. Maka, diambillah nama tersebut menjadi nama tempat wisata ini.


6. Waduk Dawuhan
Obyek wisata Waduk Dawuhan berada di Desa Sidomukti, Kecamatan Wonoasri. Berjarak sekitar 8 km dari pusat kota Caruban. Fungsi waduk ini adalah untuk irigasi pertanian di sekitar waduk. Untuk menikmati obyek wisata ini tidak dipunggut biaya alias gratis. Di sini tersedia area pemancingan, warung, dll.


7. Bendungan/ Dam Jati
Bendungan Jati atau ebih terkenal dengan Dam Jati merupakan bendungan yang dibuat sejak jaman Belanda untuk mengatur aliran air Bengawan Madiun, untuk irigasi pertanian. Fasilitas di obyek wisata ini adalah sarana bermain, toilet, tempat-tempat foto yang instagramable.



8. Brumbung Tubing Adventure
Obyek wisata Brumbung Tubing Adventure merupakan wanaha wisata yang memanfaatkan aliran deras sungai di lereng Gunung Wilis untuk arung jeram. Obyek wisata ini terletak di Desa Brumbung, Kecamatan Wungu. Selama perjalanan menuju lokasi ini, kita akan disuguhi pemandangan yang masih asri dan indah.



9. Taman Wisata Gunung Kendil
Tempat Wisata Gunung Kendil terletak di Desa Pilangrejo, Kecamatan Wungu. Sebelum dijadikan tempat wisata dahulu tempat ini merupakan arena untuk latihan militer. Setelah tidak digunakan untuk latihan militer, tempat ini dialih fungsikan sebagai tempat pariwisata yang sangat indah. Fasilitas tempat wisata ini sangat lengkap seperti gazebo, toilet, sarana bermain, tempat untuk foto, toko, arena untuk balap motor maupun mobil.


10. Waduk Kedung Brubus
Waduk Kedung Brubus terletak di Dusun Kedungbrubus, Desa Bulu, Kecamatan Pilangkenceng. Fungsi utama waduk ini adalah untuk irigasi. Tetapi karena semakin banyak yang mengunjungi tempat ini, masyarakat di sekitarnya mulai memanfaatkannya dengan membuka warung dan toko.


11. Wisata Alam Grape
Wisata Alam Grape merupakan obyek wisata yang sudah sejak lama ada milik perhutani. Tepatnya berada di Desa Kresek, Kecamatan Wungu. Fasilitas obyek wisata ini cukup lengkap yaitu MUshola, toilet, taman bermain, toko, sarana parkir. Tempat ini menawarkan beragam wisata alam yang menantang seperti bersepeda, jalur hiking, sungai dengan bebatuan besar.


12. Air Terjun Seweru ata Air Terjun Kedung Malam
Air Terjung Seweru atau Air terjun Kedung Malem terletak Dusun Seweru, desa Kare. Untuk menuju tempat ini kita harus jalan kaki terlebih dahulu kurang lebih 1 kilometer di jalan setapak dari tempat parkir kendaraan.



13. Air Tejun Kucur
Air Terjun Kucur terletak di Dusun Pucangsawit, Desa Padas, Kecamatan Dagangan. Air terjun ini merupakan air terjun buatan untuk mengatasi masalah irigasi di musim kemarau. Tidak dikenakan tiket untuk memasuki obyek wisata ini. Kita hanya akan dikenai uang parkir saja.


14. Air Terjun BanyuLawe Dong
Obyek wisata ini terletak di Desa Kepel, Kec. Kare. Dari obyek wisata Grapen terus naik ke atas sampai PLTA Giringan. Dari PLTA tersebut jaraknya sekitar 2 kilometer saja ke Air Terjun BanyuLawe Dong.



15. Wisata Alam Pesangrahan Madiun
Wisata Alam Pesangrahan Madiun terletak di Dusun Mbade, Desa Segulung, Kecamatan Dagangan. Obyek wisata ini menawarkan pemandangan yang indah pegunungan dari rumah pohon. JIka kamu suka berfoto, empat ini cocok buat kamu karena tersedia tempat-tempat yang instagramable.



Nah, itu tadi obyek pariwisata yang ada di Madiun. Indah-indah kan pemandangannya. Jika kalian melewati  Madiun, tak ada salahnya unuk mampir sejenak di obyek-obyek pariwisata tersebut. 

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar. Insya Allah saya akan berkunjung balik. Bila berkenan bisa saling follow aku media sosial saya yang lain.

Like us on Facebook

Flickr Images