Memanfaatkan Media Sosial untuk Menambah Ilmu dan Pengetahuan

23.37.00


Memanfaatkan Media Sosial untuk Menambah Ilmu dan Pengetahuan - Di jaman serba digital seperti sekarang ini, mau tidak mau kita harus bisa mengikutinya. Supaya kita bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

Salah satu bentuk perkembangan digital saat ini adalah sosial media. Dari namanya kita sudah tahu bahwa ini merupakan hubungan antar individu atau kelompok dengan menggunakan media. Bentuk media sosial yang sering digunakan adalah facebook, Instagram, Twitter, whatsApp  dan lain-lain.


Media sosial saat ini bukan merupakan hal yang luar biasa lagi. Dari anak-anak sampai orang tua sudah mempunyai akun media sosial. Bahkan, tidak hanya satu akun tetapi beberapa akun. Saya sendiri termasuk penguna media sosial. Meskipun kurang aktif dalam berinteraksi karena keterbatasan waktu dan fikiran.

Dengan adanya media sosial saat ini saya merasa sangat terbantu dalam menambah ilmu dan pengetahuan saya dalam berbagai hal. Dahulu untuk membaca majalah atau novel, saya harus meminjam di perpustakaan atau rental buku. Sekarang dengan media sosial, saya tidak perlu repot-repot, asal mempunyai kuota internet bisa membaca koran online atau pun novel yang sudah tersedia dalam bentuk online.

Belum lagi dahulu pernah mengikutinya kursi menjahit dengan ongkos Rp500000,00 untuk satu paket. Itupun tempatnya sekitar 25 km dari rumah. Masa belajar hanya 2 jam. Sekarang berkat media sosial, kita tidak perlu ke luar rumah kalau ingin belajar sesuatu. Karena sudah tersedia pelatihan berbagai jenis ketrampilan, dari yang berbayar sampai gratis.

Di atas adalah beberapa manfaat yang saya dapatkan dari media sosial. Manfaat tersebut tentu tidak saya dapatkan secara instan. Namun, melalui beberapa cara sebagai berikut:

1. Memilih pertemanan
Saya memilih pertemanan di media sosial biasanya berdasarkan kesamaan hobby atau orang-orang yang memang memanfaatkan sosial media untuk Menambah pengetahuan.

2. Bergabung Dengan grup yang mengajarkan ketrampilan seperti menulis, menjahit, baking dan lain sebagainya.
Dengan kita menjadi anggota grup tersebut, lama-kelamaan kitapun akan tertarik untuk memiliki ketrampilan tersebut. Paling tidak kita dapat ilmunya.

3. Menjadikan media sosial bukan hanya hiburan tetapi juga mesin pendapatan.
Hal ini mungkin yang diharapkan banyak orang, aktif bersosial media dan uang. Dan ini memang banyak terjadi. Coba lihat berapa banyak penjual online sekarang ini. Mereka aktif bersosial media tetapi juga mendapatkan penghasilan.

Sekarang tinggal kamu memilih tetap bersosial media yang hanya untuk hiburan atau berusaha untuk menambah pengetahuan melalui sosial media. Selagi masih ada umur, mari kita berlomba-lomba menambah ilmu. Karena waktu yang telah lewat tidak akan bisa kembali lagi. 

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar. Insya Allah saya akan berkunjung balik. Bila berkenan bisa saling follow aku media sosial saya yang lain.

Like us on Facebook

Flickr Images