Surat untuk Bapak

23.45.00


Al- Fatihah untukmu Bapak Hadi Sumingan. Semoga Allah menerima amal  dan ibadahmu semasa hidup. Aamiin.

Teruntuk Bapakku yang aku sayangi... 

Bapak, Tidak terasa 5 tahun sudah engkau meninggalkan ibu, kakak, aku dan cucu-cucumu. Waktu terasa begitu cepat berlalu. Seolah baru kemarin engkau meninggalkan kami.

Bapak, maafkan anakmu ini yang belum sempat membahagiakanmu di masa tua, hingga pergi untuk selamanya.

Meskipun semasa hidup bapak, kita tidak begitu dekat, tetapi aku tahu dan merasakan berapa besar kasih dan sayang yang engkau curahkan untuk keluarga kita. Dengan cara yang berbeda dari bapak yang lain. Tetapi itulah caramu menyanyangi kami.

Bapak, masih jelas dalam ingatan bagaimana kulitmu menghitam karena terpapar panas matahari waktu di sawah. Masih jelas dalam bayangan setiap pagi engkau ke sawah meskipun hanya sekedar melihat tanaman.

Bapak, wajahmu akan tersenyum ceria saat melihat padi yang kau tanam tumbuh dengan baik. Dan, jika hasil tanamanmu kurang beruntung pasti engkau akan marah-marah saat  di rumah.

Masih terekam memory tentangmu yang suka minum kopi dengan gula dua sendok. Entah berapa gelas kau minum kopi dalam Sehari. Saat kami mengingatkan, pasti kamu akan marah-marah. Kami melarang bukan karena tidak boleh minum kopi dengan gula banyak. Tetapi, demi kesehatanmu di masa tua.

Bapak, terima kasih atas semua yang telah engkau berikan pada kami. Aku bisa berdiri seperti saat ini, juga berkat kerja kerasmu juga. Aku bukan siapa-siapa, jika engkau tidak berjuang di masa mudamu dulu, agar kami bisa mempunyai kehidupan yang baik.

Terima kasih bapak, atas semua yang telah engkau berikan pada kami keluargamu. Aku tidak akan pernah bisa membalas jasa-jasamu. Tapi aku akan berusaha menjadi istri yang sholehah supaya bisa mendoakanmu setiap saat. Akan mendidik dua putraku supaya mereka menjadi anak sholeh. Sehingga kelak ada yang mendoakan orang tua dan leluhurnya.

Teriring doa yang kupanjatkan, semoga Bapak tenang, dijauhkan dari siksa kubur,  serta diberikan nikmat kubur. Aamiin ya robbal alamin.




You Might Also Like

2 komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar. Insya Allah saya akan berkunjung balik. Bila berkenan bisa saling follow aku media sosial saya yang lain.

Like us on Facebook

Flickr Images