7 Hal yang Perlu dipersiapkan untuk Budidaya Jamur Tiram bagi Pemula

17.59.00

Foto: Jamur Tiram, sumber: Pinterest

7 Hal yang perlu dipersiapkan untuk Budidaya Jamur Tiram bagi Pemula- Rasa jamur tiram yang hampir sama dengan daging ayam dan kandungan protein yang tinggi ,membuat tingkat konsumsi masyarakat terhadap jamur ini meningkat. Dengan meningkatnya minat masyarakat, maka kebutuhan terhadap jamur tiram di pasaran pun juga meningkat. Hal ini tentu saja membuat peluang usaha bagi kita sebagai pembudidaya jamur.

Sebelumnya perlu diketahui bahwa setiap usaha itu ada dua kemungkinan yaitu untung dan rugi. Bukan saja usaha, tetapi juga setiap keputusan yang kita ambil akan ada efek baik dan buruknya buat kita. Begitu juga dengan usaha budidaya jamur tiram. Sama seperti jenis usaha yang lain ada dua tersebut yang akan kita hadapi selanjutnya.


Sebelum melangkah lebih jauh, saya hanya ingin bertanya kenapa anda ingin budidaya jamur tiram?
1. Tergiur dengan para pembudidaya jamur yang bisa panen melimpah ruah
2. Sekedar ikut-ikutan karena terlihat mudah
3. Alasan lain

Yang perlu dipahami adalah bahwa setiap bentuk usaha itu sesuai dengan kapasitasnya, begitu juga dengan budidaya jamur tiram. Semakin banyak produksi, maka hasil yang didapat juga semakin banyak, serta resiko yang dihadapi juga semakin besar.

Supaya lebih bersemangat dalam budidaya jamur tiram sebaiknya perlu diketahui berapa besaran keuntungan yang akan didapat jika memilih usaha ini. Untuk itu perlu diketahui Analisa Keuntungan Budidaya Jamur Tiram.

Setelah mengetahui Analisa keuntungannya bukan berarti kita bisa langsung berwirausaha jamur tiram. Berikut ini ada 7 Hal yang perlu dipersiapkan sebelum budidaya jamur tiram:

1. Ilmu
Sebelum melangkah kita perlu tahu dulu tujuan langkah kita ke mana. Begitu juga untuk budidaya jamur tiram juga diperlukan ilmu tentang budidayanya. Dahulu saat tertarik untuk budidaya jamur tiram, saya belum tahu kalau tetangga desa ada yang sudah menjadi pembudidaya.  Untuk mengetahui jenis jamur ini, saya membeli beberapa buku sebagai sumber referensi. Selain itu juga dengan surfing di internet, serta bergabung dengan beberapa grup di facebook Jamur Tiram.

Dengan mengetahui dasar-dasar ilmu tentang jamur tiram akan memudahkan langkah kita selanjutnya dalam budidaya karena akan lebih mudah memahami istilah-istilah dalam dunia jamur.

2. Modal
Modal merupakan persiapan utama dalam budidaya jamur. Diperlukan dua modal yaitu tenaga dan uang. Modal uang untuk membeli peralatan dan media tanam jamur tiram. Sementara modal tenaga diperlukan modal tenaga diperlukan untuk membuat dan merawat usaha.

Meskipun mempunyai modal awal yang banyak disarankan untuk budidaya dalam jumlah kecil dahulu. hal ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana cara hidup dari Jamur tiram. Stelah menguasai baru dikembangkan ke tahap yang lebih besar.

3. Tempat Budidaya/Kumbung Jamur
Besar Kumbung disesuai dengan keinginan berapa ribu media jamur/bag log yang ingin dibudidayakan. Semakin banyak jumlah bag log yang dibudidayakan, maka semakin luas lahan yang dibutuhkan.
Sebagai gambaran saja per100 meter persegi bisa untuk budidaya 100 bag log jamur tiram.

4. Pasar
Karena kita berwirausaha budidaya jamur. Maka sebelumnya kita harus tahu mau dijual kemana jamur tiram nantinya. Cara mencari pengepul jamur biasanya dengan mengunjungi pasar terdekat. Coba saja datang pagi-pagi sekitar sebelum subuh ke pasar untuk mengetahui siapa saja yang bersedia menerima hasil panen kita. Bisa juga ditawarkan pada penjual sayur disekitar rumah kita untuk menghemat ongkos bensin.
Hal ini berguna untuk mencegah kita kebingungan saat tiba waktu panen jamur.

5. Mental
Perlu diketahui jenis usaha apapun itu teori dan praktek bisa saja berbeda. Misalnya 2 orang mempunyai sama-sama mempunyai 1000 bag log yang dibeli dari produsen sama. Hasil yang didapatkan nanti bisa saja berbeda karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil panen. Karena itu diperlukan metal yang kuat dalam berwirausaha.

Baca juga : Komposisi pembuatan jamur Tiram

6. Silahturahmi dengan petani jamur di dekat tempat tinggal
Silahturahmi bertujuan untuk menambah rejeki tentu semua orang sudah tahu itu. Jika ingin budidaya jamur tiram, maka datanglah ke tempat pembudidaya yang sudah lama berkecimpung  di dunia ini. Dengan datang ke tempat mereka kita akan bisa melihat langsung bagaimana cara hidup jamur tiram dan langkah-langkah perawatannya. Dan, jika nanti ada masalah tentang usaha kita bisa bertanya pada mereka cara mengatasinya.

7. Doa
Tidak ada yang tidak mungkin dengan doa. Doa bisa membuat yang tidak mungkin menjadi mungkin. Jadi, imbangi segala bentuk usaha kita dengan doa, supaya segala sesuatu yang kita kerjakan bisa berkah dunia dan akhirat.

Pada dasarnya budidaya jamur tiram itu adalah praktek. Tidak bisa mengandalkan teori saja. Hitungan bisa saja meleset dari perkiraan. Untuk itu bagi pemula memang disarankan untuk budidaya dalam skala kecil dahulu. Sambil terus belajar cara hidup jamur ini.


Selamat berwirausaha....


You Might Also Like

8 komentar

  1. jamur tiram, bisnis yang menggoda untuk dijajal ni...

    BalasHapus
  2. Wah, mantaps! kakak saya juga budi daya jamur tiram...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam spora untuk kakaknya...sesama petani jamur...:)

      Hapus
  3. Bisnis Tiram ini lumayan menguntungkan sih ya memang, tapi, sayaaaaa pun tertarik buat makaaaaan jamur ini kyak wgwgw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih enak langsung menikmati ya, tidak perlu pusing mikir perkembangan usaha...hehehe

      Hapus
  4. Aku Baru tau klo jamur tiram rasanya mirip daging ayam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata orang sik memang begitu termasuk saya tentunya,hehe

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar. Insya Allah saya akan berkunjung balik. Bila berkenan bisa saling follow aku media sosial saya yang lain.

Like us on Facebook

Flickr Images