7 Tips Menurunkan Berat Badan dalam Satu Minggu tanpa Obat

23.53.00


7 Cara Menurunkan Berat Badam dalam satu minggu tanpa obat- Dahulu orang beranggapan, kalau gemuk itu sehat. Gemuk itu simbol kemakmuran hidup. Sehingga banyak orang salah dalam mengatur pola makan. Menganggap makanan yang enak itu sehat. Padahal kebanyakan makanan enak itu kurang memenuhi standard kesehatan.

Makanan enak biasanya banyak mengandung gula serta lemak yang tidak baik untuk kesehatan tubuh kita. Yang mengakibatkan berat badan bertambah, yang pada akhirnya memicu obesitas.

Seiring berkembangnya waktu, timbul kesadaran dari masyarakat. Bawasannya kegemukkan itu merupakan sumber dari berbagai penyakit yang berbahaya. Seperti diabetes, jantung, ginjal serta penyakit-penyakit yang sering menghatui orang yang kegemukan

Saya sendiri sudah merasakan betapa tidak enaknya gemuk itu. Dua kali kehamilan, berat badan saya saat memasuki kehamilan usia sembilan bulan mencapai 65 kilogram. Jangan tanya bentuk tubuh saya seperti apa dengan tinggi hanya 150 cm. Seperti bola yang siap digelindingkan mungkin ya. Alhamdulillah setelah kehamilan bisa turun kembali meski tidak bisa dibawah 50  kg. Stagnan dianggka 52-53.

Tetapi akhir tahun lalu saya merasakan tubuh saya merasa berat, mudah capek dan sering mengantuk. Dan, yang paling saya rasakan adalah kaki sering kram serta badan tidak nyaman sekali. Ternyata setelah menimbang berat badan berada diangka 55.Pantesan rasanya tidak nyaman sekali. 

Hal ini tentu saja tidak boleh dibiarkan. Karena kalau dibiarkan angka itu semakin bertambah. Dan, keluhan yang saya rasakan tentu akan lebih  parah lagi.

Keputusan untuk menurunkan berat badan harus segera dimulai. Jika ingin segala keluhan tersebut berakhir. Akhirnya mulai coba-coba segala jenis diet yang dipercaya bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Pernah tertarik juga untuk meminum obat-obatan biar tidak terlalu menyiksa. Tetapi, terus terang takut akan efek samping yang ditimbulkan dari obat  penurun berat tersebut.

Sebenarnya setiap program diet itu memang bisa menurunkan berat badan asalkan kita mau konsisten. Kegagalan biasanya diawal semangat setelah beberapa hari tergoda untuk menyicicipi dengan alasan sedikit saja. Yang pada akhirnya jadi kebablasan dan lupa niat awal untuk menurunkan berat badan.

Untuk itu meskipun ingin menurunkan berat badan, tetapi saya memilih cara yang perlahan dan aman-aman saja. Kalau ini mah alasan saja soalnya. Tentu saja tanpa obat-obatan kimia.
Ada 7 cara saya menurunkan berat badan yaitu:

1. Mengurangi konsumsi Karbohidrat
Makanan yang mengandung karbohidrat memang sudah terbukti sangat cepat dalam menaikkan berat badan. Untuk itu saya  berusaha mengurangi konsumsi karbohidrat. Dengan hanya makan nasi saat siang hari. Porsinya pun saya kurang I perlahan-lahan.
Selain itu saya juga mengurangi segala makanan yang banyak mengandung karbohirrat seperti roti, gorengan dll.

2. Mengurangi konsumsi Gula
Gula memang manis. Kalau asin mah garam ya. Di balik rasanya yang manis tersebut ternyata mengandung berbagai penyakit berbahaya, jika kita mengkonsumsi nya berlebihan. Untuk itu saya sudah lama tidak mengkonsumsi minuman bersoda dan minuman lain dalam kemasan yang berasa manis.  Karena menurut para ahli kesehatan, kadat gula minuman dalam kemasan lebih tinggi dari kadar gula asli.

3. Sarapan dengan menggunakan protein hewani
Sudah beberapa bulan ini saya biasa sarapan dengan dua butir telur rebus dan air putih hangat. Apa kenyang? Kenyang kok, bahkan bisa bertahan sampai makan siang. Menu ini juga biasa saya gunakan untuk sahur saat puasa sunnah.

4. Minum air lemon hangat sebelum aktivitas di pagi hari
Sebelum memulai aktifitas pagi, saya rutin memotong seiris lemon kemudian menuanginya dengan air panas. Setelah hangat baru saya minum. Kasiat lemon hangat ini cukup bagus untuk kesehatan, bahkan dipercaya bisa mencegah penyakit kanker.
Apakah perut tidak sakit karena belum terisi makanan, tetapi langsung diisi minuman yang asam?
Saya pun dulu berpikir demikian, karena mempunyai riwayat penyakit maag. Tetapi setelah mencoba rutin meminum air lemon hangat. Ternyata hal yang saya takutkan tersebut tidak terjadi. Yang saya rasakan adalah rasa nyaman di perut serta hilang rasa lapar di pagi hari saat belum sarapan.

5. Minum air putih hangat
Khasiat air putih bagi kesehatan sangat banyak. Salah satunya untuk mengurangi dehidrasi tubuh. Dengan banyak minum air putih hangat membuat kita tidak kekurangan cairan tubuh. Selain itu bisa menunda rasa lapar.

6. Memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan.
Sayuran dan buah-buahan kaya dengan sarat. Sehingga baik dikonsumsi oleh tubuh. Dengan banyak mengkonsumsi dua jenis makanan ini, akan membuat pencernaan kita lancar.

7. Puasa Sunah
Jika kamu seorang Muslim, puasa merupakan salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Dengan puasa akan membantu kita menahan nafsu makan.

Setelah melakukan ke tujuh cara di atas apa saya bisa menurunkan berat badan. Bisa dalam 1 minggu bisa turun satu kilo kok.
Asal kita bisa konsisten pasti bisa.
Meskipun saat ini sudah berkurang meskipun belum mencapai dibawah 50. Tetapi keluhan yang saya rasakan sudah mengbilang saat ini.

You Might Also Like

5 komentar

  1. Resepnya cespleng nih kayaknya, mbak Elin. Buatku, yang masih agak berat menghindari gorengan, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya yang agak susah itu kue mbak Nova....😊😊

      Hapus
  2. Terima kasih tips nya Mbak. Mau coba ah.

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar. Insya Allah saya akan berkunjung balik. Bila berkenan bisa saling follow aku media sosial saya yang lain.

Like us on Facebook

Flickr Images