5 Tips Memasak Telur supaya Mudah dikupas

23.11.00

Foto: Pinterest 

5 Tips Memasak Telur supaya Mudah dikupas- Memasak kemudian mengupas telur terlihat sangat mudah dan sederhana. Tetapi, pada prakteknya kadang kita kecewa dengan hasil akhirnya.

Sebelum matang terkadang telur pecah dan membuat isinya keluar. Sehingga bentuk telur tidak lagi utuh. Sering juga kita dibuat kesal meskipun sudah berhati-hati saat mengupas telur tetapi masih ada sebagian putihnya yang lengket di kulit telur. Memang tidak merubah rasa, tetapi telur tidak lagi mulus.

Foto: pixabay

Bentuk telur yang tidak mulus mungkin tidak menjadi masalah jika untuk dikonsumsi sendiri. Tetapi, bagi yang mempunyai usaha catering tentu akan berpengaruh terhadap penampilan masakan jika sudah matang.

Tentu pernah mendengar kalau ingin memasak telur rebus, pilih telur yang sudah lama atau bukan telur yang baru menetas. Tetapi, jika kita membeli telur yang ada hanya yang baru apakah untuk pesanan catering harus diundur beberapa hari. Tentunya tidak mungkin bukan?

Selain menggunakan telur yang sudah beberapa hari supaya mudah dikupas. Kita juga bisa menerapkan beberapa cara memasak telur yang benar. Sehingga telur mudah dikupas meskipun itu telur yang baru.

Ada beberapa tips memasak telur supaya mudah dikupas yaitu:

1. Jangan memasak telur dalam keadaan dingin.
Jika telur berada di dalam lemari es dan ingin direbus. Keluarkan terlebih dahulu beberapa menit sebelum dimasak. Biarkan suhu telur sama dengan suhu ruangan.
Memasak telur langsung dari lemari es akan membuat telur pecah  saat dimasak.

2. Masak telur bersama dengan air.
Masukkan telur saat air masih dingin atau api belum dinyalakan. Hal ini juga untuk mengurangi telur pecah saat dimasak.

3. Begitu telur masak langsung rendam dengan air dingin.
Setelah telur matang  lalu angkat dan rendam dengan air dingin. Perbedaan suhu yang mencolok membuat telur mudah dikupas.

4. Tambahkan garam ke dalam air rebusan telur.
Penambahan sedikit garam ke dalam air rebusan telur dipercaya bisa mempermudah telur dikupas.

5. Tambahkan soda, air perasan jeruk nipis atau cuka ke dalam air rebusan telur.
Penambahan salah satu bahan tersebut dipercaya bisa membantu mempermudah telur untuk dikupas.

Untuk tingkat kematangan telur tergantung selera masing-masing pribadi. Saya biasanya merebus 10 menit dihitung dari air mulai mendidih. Karena saya suka yang benar-benar matang. Tetapi ada juga yang menyarankan 7-8 menit cukup untuk memasak telur hingga matang. Untuk yang suka setengah matang waktunya tinggal dikurangi disesuaikan dengan selera.

Sekarang memasak telur bukan hal yang sulit kan. Dan, hasil telur pun akan mulus serta nyaman dilihat.

You Might Also Like

3 komentar

  1. Penting bgt nih mbk buat sekeluargaku yg suka masak telur.Paling gemes jika susah dikupas dan jadi amburadul.this tipsnya y

    BalasHapus
  2. Salam kunjungan dan follow disini ya :)

    BalasHapus
  3. good post 😊 would you like to follow each other? if the answer is yes, please follow me on my blog & i'll follow you back. https://camdandusler.blogspot.com

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar. Insya Allah saya akan berkunjung balik. Bila berkenan bisa saling follow aku media sosial saya yang lain.

Like us on Facebook

Flickr Images