Pages

Minggu, 06 Januari 2019

5 Cara Meredakan Batuk Berdahak


5 Cara Meredakan Batuk Berdahak- Cuaca yang sering berubah-ubah. Kadang panas, kadang angin dan hujan membuat kita harus waspada terhadap datangnya berbagai penyakit. Biasanya yang paling sering pada waktu musim pancaroba seperti ini adalah batuk dan pilek.

Sebenarnya penyakit-penyakit tersebut bisa dicegah dengan cara menjaga stamina tubuh supaya tetap fit. Karena tubuh yang sehat tidak mudah terserang penyakit. Tetapi, meskipun kita sudah berusaha menjaga stamina tubuh, adakalanya juga penyakit tetap datang menghampiri.


Tentunya semua orang ingin tetap sehat, sehingga semua rencana yang telah disusun bisa terselesaikan tepat waktu. Tetapi, bagaimana kalau tenyata penyakit itu tetap datang. Tentunya tidak dibiarkan saja bukan? Pastinya kita segera berupaya untuk mengobatinya, supaya penyakit tersebut segera pergi dari tubuh kita.

Dan, Alhamdulillah saya juga merasakan bagaimana rasanya tidak enak badan karena perubahan cuaca. Biasa flu dan disertai batuk berdahak. Dan, itu berlangsung cukup lama dari mulai akhir tahun 2018 sampai awal tahun 2019. Jadi, ceritanya akhir dan awal tahun dengan tidak enak badan. Beruntung saat itu saya juga tidak mempunyai rencana apa-apa. Sehingga tidak mempunyai beban tanggungan yang harus dilaksanakan.

Kembali ke soal flu yang disertai batuk berdahak. Karena tidak ingin merasakan tidak enak badan terlalu lama. Saya pun berusaha untuk segera mengobatinya. Yaitu dengan periksa ke dokter dan juga melakukan berbagai cara untuk membantu meredakan batuk berdahak.

Penyakit bisa menyerang kita karena kondisi tubuh yang tidak fit. Untuk itulah jika ingin cepat sembuh, maka dibutuhkan tubuh yang sehat pula. Untuk mempercepat kesembuhan, maka kita harus memperbaiki stamina tubuh kita terlebih dahulu.

Berikut ini 3 hal yang perlu kita lakukan saat penyakit sudah menghampiri kita:

1. Istirahat
Penyakit datang bisa karena kita kurang istirahat. Yang mengakibatkan kondisi tubuh menurun. Jika penyakit sudah menyerang. Mau tidak mau kita harus istirahat untuk mengembalikan kondisi tubuh kita. Dan tidur merupakan cara istirahat yang paling tepat.

2. Makan Makanan bergizi
Saat kita terserang penyakit apapun. Tentu nafsu makan kita akan berkurang, bahkan mungkin hilang. Tetapi, jika kita ingin segera terbebas dari penyakit, enak atau tidak enak makanan harus tetap kita makan. Karena dengan makanan yang bergizi akan cepat membantu memulihkan kondisi tubuh yang tidak sehat.

3. Periksa ke Dokter
Siapa  sih yang suka bertemu dengan dokter untuk membahas suatu penyakit pada tubuh kita. Saya pun tidak ingin sering-sering bertemu. Tetapi, kalau sudah terpaksa dan rasa sakit sudah tidak tertahankan, maka mau tidak mau harus menemuinya. Periksa ke dokter selain untuk mendapatkan resep obat untuk meredakan penyakit kita. Juga, berguna untuk mengetahui bagaimana penyakit kita. Maksudnya penyakit biasa atau kah sudah masuk penyakit yang perlu diwaspadai.

Selain 3 hal di atas, jika terserang flu yang disertai batuk berdahak saya akan melakukan cara lain untuk membantu meredakan batuk tersebut. Batuk berdahak disebabkan adanya lendir yang berlebih di tenggorokan yang mengakibatkan tenggorokan gatak. Sehingga menyebabkan batuk. Jika, tidak segera diobati tentu akan sangat mengganggu aktifitas kita.

5 Cara meredakan batuk berdahak:

1. Minum minuman hangat
Minum minuman hangat sangat membatu mengencerkan dahak di tenggorokan. Sehingga bisa mengurangi batuk. Minuman hangat seperti air putih , jeruk nipis, jahe sangat dianjurkan untuk penderita batuk. Minuman tersebut selain mengencerkan dahak juga membantu menghangatkan tubuh.

2. Kumur air garam
Berkumur dengan air garam terbukti bisa mengurangi  batuk berdahak. Caranya ambil stengah sendok teh garam dan larutan dalam satu gelas air hangat. Kemudian gunakan untuk berkumur hingga posisi tenggorokan. Hal ini akan membantu mengurangi dahak di tenggorokkan.

3. Madu
Madu dapat mengobati dan mengobati iritasi pada tenggorokan akibat batuk. Cara mengkonsumsinya bisa dengan meminum langsung dengan memakai sendok. Bisa juga diseduh dengan air hangat.

4. Menghindari makanan pedas dan berminyak
Untuk mengurangi iritasi yang berlebih sebaiknya selama batuk menghindari makanan pedas dan berminyak. Karena kedua jenis makanan tersebut telah terbukti lama akan semakin memicu batuk yang kita derita.

5. Mandi Air hangat
Saat sedang batuk bukan berarti kita tidak mandi. Sebaiknya saat sedang batuk, kita mandi dengan mengunakan air hangat. Karena dengan mandi air hangat akan membantu mengencerkan dahak, sehingga mudah dikeluarkan.








3 komentar:

  1. Kalau sudah batuk berdahal perut pasti ikut sakit, tapi dasarnya saya nggak suka minum obat jadi itu batuk betah banget di tenggorokan he..he..
    Cuman kalau lagi batuk berdahak saya suka minum yang anget-anget juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau obat saya suka saja minum. Tapi anehnya batuk juga tidak cepat pergi. Akhirnya ya dibiarkan saja.😂😂

      Hapus
  2. Saya kalau lagi batuk berdahak, hal yang pertama dilakukan adalah minum air hangat wkwkw. legaaa euy :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar. Insya Allah saya akan berkunjung balik. Bila berkenan bisa saling follow aku media sosial saya yang lain.