5 Cara Cepat Menulis Artikel di Blog

16.05.00

5 Cara Cepat Menulis Artikel di Blog- Pengin update blog tapi bingung mau menulis tentang apa. Yang mempunyai blog, pasti pernah mengalami hal ini. Inginnya bisa update blog tiap hari atau paling tidak seminggu tiga
kali. Tapi apa daya mas ide hanya melayang saja.

Terkadang ide menulis sudah ada. Judul juga sudah ada. Tapi untuk memulai menulis sudah kehabisan kata. Alinea pertama belum selesai  sudah tidak ada ide untuk melanjutkan tulisan selanjutnya. Yang pada akhirnya nasib tulisan tersebut hanya mengendap  di draf blog. Entah kapan bisa terselesaikan.




Sebenarnya kalau kita mau serius dan fokus, kita bisa kok update blogpost seminggu tiga kali. Bahkan setiap hari. Kan waktu ODOP tiap hari bisa update blog. Jadi, kangen ngodop lagi nih.

Untuk menulis 300 kata hanya perlu 1 jam saja sudah siap untuk publish. Tentunya sudah termasuk penambahan gambar dan edit tulisan. Cepat kan, menurut saya sih. Supaya cepat dalam menulis artikel di blog saya menerapkan 5 cara yaitu:

1. Menentukan ide tulisan.
Tentukan ide mau menulis tentang apa untuk update blog. Ide menulis itu seperti tujuan. Kalau orang berjalan ada tempat yang dituju. Begitu pula dengan menulis. Dengan adanya ide tulisan, akan mempermudah kita menulis tentang maksud dan tujuan kita menulis.

2. Buat Judul
Saya sering membuat judul terlebih dahulu sewaktu menulis. Meskipun judulnya belum terlalu pas, tetap saya beri judul. Dengan adanya judul, akan membantu saya mengingat tentang isi tulisan. Selain itu, jika tulisan tidak selesai dan harus tersimpan di draf, akan membantu kita mencarinya, jika suatu saat berniat untuk menyelesaikan tulisan tersebut kembali.
Setelah tulisan selesai dan siap publish, kita juga masih bisa merubah judul yang bisa mewakili isi tulisan seluruhnya.
Baca : Pentingnya Judul Dalam sebuah Karya

3. Terus menulis hingga selesai tulisan
Ini sulit ya. Soalnya untuk menulis terus itu juga ide yang terus mengalir. Tetapi kalau kita terbiasa tulis hapus, maka tulisan itu tidak akan pernah selesai. Dengan metode menulis sampai selesai kemudian baru mengeditnya, paling tidak kita sudah menyelesaikan satu artikel. Kita tinggal mengedit supaya enak dibaca.

4. Tutup media sosial
Godaan terbesar bagi saya saat menulis adalah saat membuka facebook dan whatsAap. Tanpa sadar waktu, karena terlalu asyik membaca tulisan orang lain. Jadi lupa rencana sendiri untuk menulis. Maka, saat benar-benar ingin menulis, saya memilih tidak membuka kedua aplikasi tersebut. Dan, baru membuka jika tulisan sudah di posting di blog.

5. Buka tab baru yang hanya berhubungan dengan tema tulisan kita
Hal ini termasuk godaan saya dalam menulis. Saat sedang menulis, terkadang mengetikan di kolom pencarian tentang sesuatu hal di luar tema tulisan yang sedang kita tulis. Akibat terlalu asyik membaca tulisan di luar ide, akan membuat kita kehilangan konsentrasi untuk menyelesaikan tulisan yang sedang kita susun. Maka, buka tab baru hanya untuk tulisan yang mempunyai tema sama dengan tulisan yang sedang kita tulis. Ini akan sangat membantu kita mendapatkan ide dalam menulis


Dengan menerapkan 5 cara di atas, saya bisa menyelesaikan artikel dengan cepat. Sehingga update blog bisa segera dilakukan. Dan blog kita bisa terlihat aktif terus.



You Might Also Like

10 komentar

  1. Tapi kadang pas nulis, brwosing untuk penunjang tulisan...kekekeke...itu menggoda juga

    BalasHapus
  2. Iya Mbak, saya juga sering mengalami itu. Dan, kadang tulisan sendiri jadi terbengkalai..😊😊

    BalasHapus
  3. Mari terus menulis untuk mengasah kreatifitas...

    BalasHapus
  4. Sampai saat ini coba bljr fokus walau kdng msh suka angot2 an... Berusha nulis setidaknya seminggu 2 atau 3 x... Kl kelamaan ditinggal mulai timbul rs malez lg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menang sulit mbak untuk fokus itu. Kalau saya biasanya saya paksakan, biar bisa nulis...:)
      Semangat Mbak Heni

      Hapus
  5. Sampai saat ini coba bljr fokus walau kdng msh suka angot2 an... Berusha nulis setidaknya seminggu 2 atau 3 x... Kl kelamaan ditinggal mulai timbul rs malez lg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang kalau lama tidak menulis, semangat bisa saja mulai memudar. Solusinya ya rajin menulis...:)

      Hapus
  6. menulis itu godaannya menonton film mbak, jadi ketika kita menulis sambil nonton, 100% mata melihat film , dan rencana mau nulis jadi gagal

    BalasHapus
  7. Kalau begitu nikmati dulu filmnya sampai relesai kemudian review film itu. Jadi deh satu postingan blog...:)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar. Insya Allah saya akan berkunjung balik. Bila berkenan bisa saling follow aku media sosial saya yang lain.

Like us on Facebook

Flickr Images